Factors Affecting Students' English Achievement of Percobaan 2 Elementary School
RESTU AULIA RAHMA PU, Dr. Endang Soelistiyowati M.Pd
2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPentingnya belajar Bahasa Inggris yang diakui oleh masyarakat membuat para orangtua merasa bertanggung jawab untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah negeri atau swasta yang memanfaatkan metode pengajaran Bahasa Inggris yang baik. Di Yogyakarta, Bahasa Inggris juga dikenal sebagai subjek konten lokal atau muatan lokal yang tidak diuji secara nasional. Namun, sebagai subjek konten lokal, salah satu sekolah yang masih mengutamakan Bahasa Inggris untuk dipelajari lebih dalam adalah SD Percobaan 2 Yogyakarta. Bahasa Inggris yang menjadi muatan lokal tidak menjadi kendala bagi siswa untuk mengenal Bahasa Inggris yang lebih baik. Mengingat bahwa siswa dari SD Percobaan 2 gemar dalam belajar Bahasa Inggris, penelitian ini menjelaskan bagaimana siswa di sekolah tersebut memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Penelitian ini dirancang untuk menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi Bahasa Inggris siswa di SD Percobaan 2. Data dikumpulkan dari beberapa sumber untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Bahasa Inggris siswa. Data pertama yang dikumpulkan adalah dari siswa kelas 5, guru bahasa Inggris dan orang tua, dan metode penelitian yang lain seperti observasi, wawancara dan kuesioner. Siswa dari kelas 5 dipilih untuk mengumpulkan bukti-bukti baik lisan maupun tulisan. Data yang kedua dikumpulkan dengan menyimpulkan hubungan antara hasil penelitian dan kepustakaan yang ada serta dokumen tertulis dan situs terpercaya. Selanjutnya, kuesioner dilakukan di 2 kelas. Semua siswa yang terlibat dalam makalah ini memberikan informasi latar belakang pribadi masing-masing. Beberapa contoh percakapan direkam dengan izin pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang berkaitan antara keberhasilan hasil belajar siswa dan faktor-faktor tertentu seperti keterlibatan orangtua dan metode pengajaran yang sesuai yang digunakan oleh guru di kelas. Penelitian ini juga menunjukkan siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonomi-nya lebih tinggi cenderung mengalami peningkatan yang cukup siginifikan karena dukungan motivasi dari pihak-pihak tertentu seperti fasilitas, lingkungan rumah dan latar belakang siswa.
Since the importance of English learning is widely recognized, many parents are feeling responsible to send their children to state or private schools which utilize good English teaching methods. In Yogyakarta, English is also known as a local content subject which is not nationally tested. However, as a local content subject, one of the schools that still prioritizes English for further study is Percobaan 2 Elementary School. English as local content does not become an obstacle for the students to get to know English better. Considering that the students of Percobaan 2 enjoy learning English as their second language, this research explores how the students have such good English skills. This paper is designed to address some factors affecting students' English achievement at Percobaan 2 Elementary School. Data was collected from several recources in order to identify the factors that affect students' English skills. First-hand evidence was assembled from students in grade 5, English teachers and parents, and different research instruments such as observation, interviews and a questionnaire were conducted. The students from grade 5 were chosen purposefully for collecting both oral and written evidence. Secondary data was collected by inferring relationships between the outcomes of the research and existing literature as well as written documents and reliable websites. Furthermore, the questionnaire was conducted in a total of 2 classes. All students involved in this paper provided personal background information. Some of the speech samples were recorded with the interviewee's permission. The results of this study indicate a strong correlation between students' academic success and certain factors such as parental involvement and teaching suitable methods the teacher uses in class. The research also indicates students who come from higher socioeconomic families tend to experience the greatest improvement because of their motivational support from certain parties such as facilities, home environment and students' background.
Kata Kunci : Bahasa Inggris, Faktor, Keterlibatan Orangtua, Metode