Laporkan Masalah

Pengelolaan Sistem Aplikasi ReCIS Di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta

ARMAND SADHEWA, Drs. Machmoed Effendhie, M.Hum

2015 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN SV

Laporan Tugas Akhir Ini menjelaskan tentang pengelolaan sistem aplikasi ReCIS di PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan aplikasi ReCIS khususnya pada tahap controlling dan maintenance, sarana dan prasarana yang digunakan dan kendala yang dihadapi. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi-partisipasi, dan wawancara. Studi pustaka dilakukan dengan mengambil materi dari bahan pustaka yaitu konsep, teori, dan gagasan mengenai kegiatan penyusutan arsip sebagai dasar menentukan data yang harus dikumpulkan sesuai dengan topik pembahasan. Observasi-partisipasi dilakukan dengan melakukan pengamatan dan ikut terlibat secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan penyusutan arsip. Aplikasi ReCIS merupakan sistem pengelolaan arsip inaktif secara elektronik yang berbasis web/jaringan. sehingga memudahkan petugas arsip dalam mengakses arsip kapanpun dan dimanapun. Sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sistem aplikasi ReCIS sudah sangat baik. Proses controlling dan maintenance yang dilakukan terhadap sistem sudah baik, namun masih ada kendala yaitu kendala teknis dari aplikasi ReCIS dan kurangnya petugas arsip yang bisa mengoperasikan aplikasi ReCIS.

This final report describes the system management application ReCIS at PT Angkasa Pura I Branch Office Adisutjipto Airport Yogyakarta. This final report aim to know application management system ReCIS especially at the stage of controlling and maintenance, infrastructure is used and obstacles faced. Methods of data collection using a literature study, participant observation, and interviews. A literature study by taking material from library materials that concepts, theories, and ideas about the use of the electronic filing system as the basis for determining the data to be collected in accordance with the topic of discussion. Participant observation carried out by observing and participating directly involved in implementation of the study. Recis application is inactive records management system is electronically-based web / network. making it easier for officers to access records whenever and wherever. Facilities and infrastructure used to manage application system recis has been very good. Process controlling and maintenance performed on the system is good, but there are still obstacles that technical problems from ReCIS and minus of record manager who can operate the application ReCIS.

Kata Kunci : Pengelolaan,Arsip,Record Center Information System

  1. D3-2015-328419-abstract.pdf  
  2. D3-2015-328419-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-328419-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-328419-title.pdf