Laporkan Masalah

The English Teaching Strategies in Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta

FERIZKA WINDANINGRUM, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Banyak orang berpikir bahwa belajar Bahasa Inggris sangat penting, baik untuk pendidikan atau pekerjaan di masa yang akan datang. Banyak orang tua mulai mengajarkan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing sejak anak mereka di usia dini. Saat ini, beberapa taman kanak-kanak (TK) mulai mengenalkan Bahasa Inggris kepada para siswa. Salah satu TK yang mulai mengenalkan Bahasa Inggris untuk anak usia dini adalah TK Budi Mulia Dua Terban. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini, khususnya siswa-siswi TK Budi Mulia Dua Terban. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas yang diterapkan di TK Budi Mulia Dua Terban. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi perpustakaan, observasi secara langsung di TK Budi Mulia Dua Terban, dan wawancara. Observasi yang dilakukan penulis antara lain pengamatan secara langsung di lapangan dan wawancara dengan guru maupun karyawan TK Budi Mulia Dua Terban mengenai proses pembelajaran, kurikulum, metode pengajaran, dan strategi pengajaran yang digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris serta pengendalian kelas di TK Budi Mulia Dua. Untuk menambah informasi yang mendukung penelitian ini, data juga dikumpulkan dari buku, jurnal, dan internet. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengajaran bahasa inggris yang dipakai di TK Budi Mulia Dua Terban sudah efektif. Namun, para siswa tidak terbiasa untuk berbicara bahasa inggris, sehingga guru masih dominan dalam penggunaan bahasa Indonesia. Selain itu, manajemen kelas sudah terorganisasi dengan baik.

Many people believe that learning English is important for academic or work in the future. Many parents start to teach English to their children since in the early age as a second or a foreign language. Nowadays, some kindergartens start to introduce English to students. One of kindergartens which is started to introduce English for young learners is Budi Mulia Dua Terban Kindergarten. This graduating paper aims at examining English teaching strategies for young learners, particularly students of Budi Mulia Dua Terban Kindergarten. Furthermore, this study is purposed to know the class management which is applied in Budi Mulia Dua Terban Kindergarten. The methods of collecting data which are used in this study are library studies, direct observation at Budi Mulia Dua Terban Kindergarten, and interview. The observation covers direct monitoring in the field and interviewing teachers and staffs of Budi Mulia Dua Terban Kindergarten about learning process, curriculum, teaching method, and teaching strategies which are used to teach English, and also class management at Budi Mulia Dua Terban Kindergarten. Also, other information which supports this research is gathered by collecting data from books, journals, and internet research. The result of this research is the English teaching strategies used in Budi Mulia Dua Terban Kindergarten have been effective; however the students are not accustomed to speaking English so that the English teacher is still dominant in using Indonesian. Also, the classroom management is already organized well.

Kata Kunci : Metode, strategi pengajaran, pengendalian kelas

  1. D3-2015-337809-abstract.pdf  
  2. D3-2015-337809-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-337809-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-337809-title.pdf