Laporkan Masalah

DESKRIPSI PELAYANAN RESEPSIONIS HOTEL CAVINTON YOGYAKARTA DALAM MENANGANI PROSES CHECK IN CHECK OUT

ERITA YUDHANINGTYAS, Pitaya, S.E.T., M.Sc.

2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Front Office adalah suatu Departemen di Perhotelan yang sangat berperan dalam berjalannya suatu hotel. Contoh pelayanan yang diberikan adalah menangani check in dan check out tamu yang akan menginap di hotel. Check in dan check out bukan hanya sebagai fasilitas dalam hotel tetapi juga suatu pelayanan bagi para tamu. Sehingga perlu untuk meningkatkan dan menerapkan standar pelayanan dan kualitas pelayanan saat menangani check in dan check out yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apa saja tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis, cara menangani proses check in sesuai prosedur dengan sigap, cara menangani proses check out sesuai prosedur dengan sigap di Hotel Cavinton Yogyakarta. Metode penelitian dilakukan dengan tujuan mengamati langsung (Praktik Kerja Lapangan) dan menannyakan langsung pada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Resepsionis Hotel Cavinton Yogyakarta berpanduan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dalam menangani proses check in dan check out tamu yang bertujuanterbentuknya keseragamandalam pelayanan dan juga menghasilkan pelayanan yang memuaskan tamu.

Front Office is a department in the Hospitality that was instrumental in the passage of a hotel. Examples of services provided is handling check-in and check-out guests who will stay at the hotel. Check in and check out not only as the facilities in the hotel but also a service to the guests. So it is necessary to improve and implement service standards and quality of service when handling the check in and check out the right one. This study aims to analyze what are the duties and responsibilities of a receptionist, how to handle the check-in process in accordance with the procedure swiftly, check out how to handle the process in accordance with the procedure swiftly in Hotel Cavinton Yogyakarta. Methods of research conducted with the aim of observing directly (Field Work Practice) and menannyakan directly to the parties concerned. These results indicate that the receptionist Hotel Cavinton Yogyakarta guided by Standard Operating Procedure (SOP) that exist in dealing with the check in and check out guests bertujuanterbentuknya keseragamandalam service and also generate a satisfactory service.

Kata Kunci : Hotel, Front Office Departement, Resepsionis, Check In, Check Out