Rancangan Sistem Pencatatan Akuntansi Menggunakan Microsoft Excel 2010 Pada UKM Masbit Coffee & Resto
VITA WYDIA INDRIATI, Siti Muslihah, S.E., M.Sc
2015 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SVPada intinya pencatatan akuntansi sangat penting. Pencatatan akuntansi bukan hanya berguna sebagai dasar pembuatan laporan keuangan tetapi sebagai syarat pengajuan dana kepada investor. Oleh karena itu pencatatan akuntansi harus tersistem dengan baik dan benar agar mendapatkan laporan keuangan yang akurat.Sistem pencatatan akuntansi yang baik akan akurat apabila menggunakan sistem komputerisasi. Sistem pencatatan akuntansi menggunakan komputer tidak harus menggunakan software khusus akuntansi seperti MYOB dan Zahir, tetapi dapat menggunakan Microsoft Excel 2010. Rancangan pembuatan sistem akuntansi menggunakan Microsoft Excel 2010 sangat mudah dan sederhana. Cara ini dapat dibuat dengan cepat tanpa mengurangi keakuratan sistem. Sistem tersebut dapat digunakan oleh usaha kecil menengah yang bergerak dalam semua bidang. Namun sistem pencatatan akuntansi ini memiliki kelemahan dalam segi kapasitas. Semakin besar usaha semakin banyak transaksi maka perlu dibuat pencatatan yang lebih kompleks. Tetapi pada umumnya pencatatan tersebut memiliki siklus yang sama yaitu mulai dari analisis bukti transaksi hingga pembuatan laporan keuangan.
Account records is very important. Accounting records is not only suitable as the basic of producing finance report, but it also useful for requirement of proposal to investor. Therefore, accounting record should be systematic so that finance report could be carried out. A good accounting record system will be accurate if computerized. Computerized accounting record is not always using appropriate software such as MYOB and Zahir, but Microsoft Excel 2010 can be a suitable application as well. The idea of accounting record using Microsoft Excel 2010 is very easy and simple. This could be done in a flash without reducing the system accuracy. This system could be applied for medium enterpriser in very classification. However, this accounting record system has it is lack on capacity. The bigger the company, the more the transaction, it means a complex recording is required. Generally, the record has the same cycle, start from evidence analysist to finance report production.
Kata Kunci : sistem,pencatatan,akuntansi