Laporkan Masalah

TEACHING SUBJECTS IN ENGLISH IN BILINGUAL CLASS : A CASE STUDY IN AL AZHAR 31 YOGYAKARTA ISLAMIC PRIMARY SCHOOL

INGGAR PRAMBANDHANI, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting di dunia. Salah satu alasannya karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Hal itu dibuktikan dengan larisnya sekolah yang menyediakan kelas bilingual, atau kelas dwi bahasa. Para orang tua berlomba-lomba memasukkan anak mereka ke kelas bilingual karena mereka sadar pentingnya Bahasa Inggris. Dan salah satu sekolah yang menyediakan kelas bilingual adalah SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang profil singkat SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta dan kelas bilingualnya. Kemudian, bagaimana penggunaan Bahasa Inggris dalam berbagai mata pelajaran, metode yang digunakan oleh guru, manajemen ruang kelas, dan berbagai tantangan yang dihadapi baik oleh guru maupun murid di kelas bilingual akan dibahas juga. Beberapa metode yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain adalah pembelajaran perpustakaan, observasi lapangan dan melakukan beberapa wawancara. Metode penelitian dengan pembelajaran perpustakaan disusun dengan mencari data-data yang relevan dengan topik penelitian melalui buku-buku, beberapa jurnal dan dibantu dengan pencarian data melalui Internet. Untuk observasi lapangan, dilaksanakan dengan observasi langsung ditempat yang bersangkutan ketika melakukan magang. Kemudian, untuk metode wawancara, dilakukan dengan mewawancarai guru Bahasa Inggris dan guru kelas. Hasil dari penelitian dalam tugas akhir ini adalah SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta menggunakan bahasa Inggris secara maksimal terutama di kelas bilingualnya. Karena, bahasa inggris juga digunakan tak hanya di pelajaran bahasa inggris saja, namun juga beberapa mata pelajaran lain. Bahasa inggris juga digunakan dalam kegiatan sekolah sehari-hari. Juga, SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta menggunakan serta menciptakan beberapa metode yang efektif dalam pengajaran bahasa inggris. Dan juga, guru dan murid di kelas bilingual menghadapi beberapa tantangan dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

ABSTRACT English is one of important languages in the world. One of the reasons is because English is a language that is commonly used around the world. Thus, many people want to learn English. It is proved by bilingual class or two languages class which is really popular. The parents are competing to make their children enroll bilingual class, since they are aware about the importance of English. And one of schools which provide bilingual class is Al-Azhar 31 Yogyakarta Islamic Primary School. The research aims at explaining the profile of Al-Azhar 31 Yogyakarta Islamic Primary School and also its bilingual class. In addition, the use of English in the subjects, methods that are used by the teachers, the classroom management and challenges faced by both teachers and students in bilingual classes are discussed. Some methods used in this research are library study, field observation and interview. Research method by library study is arranged by looking for some data through books, journals, and assisted by searching data through internet. For field observation is done by direct observation during the internship in related place. Then, interview method is conducted by interviewing the English teacher and the class teacher. The result of the research in this graduating paper is Al-Azhar 31 Yogyakarta Islamic Primary School used English maximally, especially in its bilingual class. English is used not only in English subject, but also in the other subjects. In addition, English is also used in school daily activity. Then, Al-Azhar 31 Yogyakarta Islamic Primary School uses and creates effective teaching methods in the English teaching. And also, both teachers and students in bilingual class faced some challenges in the teaching and learning process.

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Mata Pelajaran, Kelas Bilingual, English, Subject, Bilingual Class

  1. D3-2015-337698-bibliography.pdf  
  2. D3-2015-337698-title.pdf