Laporkan Masalah

PERANAN IKLAN VIA BBM YANG DILAKUKAN OLEH MEMBER TERHADAP PROMOSI PRODUK PT MELIA SEHAT SEJAHTERA DI MASYARAKAT UMUM (NON MEMBER)

WIDA SUSANTI, Dra. Neni Pancawati, M.Si.

2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Pada umumnya iklan adalah salah satu bagian penting dalam melakukan promosi suatu produk karena setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya dapat terjual seperti yang diharapkan. Dalam hal ini PT Melia Sehat Sejahtera ini adalah perusahaan Multi Level Marketing yang mempunyai 2 produk yaitu Melia Propolis dan Melia Biyang yang dimana produk ini tidak diiklankan melalui televisi, maka dari itu layanan blackberry messenger (BBM) merupakan salah satu alat yang digunakan para member dalam mempromosikan produk tersebut guna meningkatkan penjualan. Banyak cara yang dilakukan oleh member dalam menjual produk melalui layanan BBM. Oleh karena itu penulis tertarik membahas cara yang dilakukan member dalam mempromosikan produk melalui layanan BBM dan penulis ingin mengetahui keefektifan iklan via BBM dalam mempromosikan produk tersebut. Analisis data yang penulis gunakan adalah metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis deskriptif kualitatif menjelaskan dan menganalisis cara yang digunakan member dalam mempromosikan produk PT MSS ke masyarakat umum (non member), sedangkan metode analisis kuantitatif digunakan untuk melihat keefektifan penggunaan layanan BBM dalam mempromosikan produk PT MSS. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan adalah Penggunaan layanan BBM dalam promosi produk PT Melia Sehat Sejahtera sangat efektif, hal ini ditunjukkan melalui penghasilan pengguna BBM dengan penghasilan rata-rata diatas Rp1.000.000,- sebanyak 75%, sangat mendominasi dan lebih dari angka 50%, selain itu 82% menyatakan bahwa penggunaaan BBM dalam promosi produk PT MSS efektif dan 83% menyatakan penjualannya meningkat sejak memakai layanan BBM daripada sebelumnya, dan dalam mempromosikan produk Melia Propolis dan Melia Biyang melalui layanan BBM alat yang digunakan yaitu gambar-gambar kesaksian produk, foto artis yang memakai produk, gambar-gambar produk, serta broadcast tentang produk dan kesaksiannya.

In general, advertising is one important part in the promotion of a product because every company in operation certainly has the desire to get the product can be sold as expected. In this case PT Melia Sehat Sejahtera is Multi Level Marketing company that has two products namely Melia Propolis and Melia Biyang that where the product is not advertised on television, because that blackberry messenger service (BBM) is one tool used by the member in promote these products in order to increase sales. Many ways are done by the member in selling products through BBM service. Therefore, the authors are interested in discussing the ways in which members in promoting the product through BBM service and the writer wanted to know the effectiveness of advertising via BBM to promoting the product. Analysis of the data that I use is the qualitative and quantitative analysis methods. Qualitative descriptive analysis method to explain and analyze the ways in which members in promoting the products of PT MSS to the general public (non-member), whereas quantitative analysis methods are used to see the effectiveness of their use of fuel in promoting the products of PT MSS. The results of the research that has been done is use of fuel services in the promotion of products PT Melia Sehat Sejahtera very effective, it is indicated through income BBM users with an average income above 1,000,000 - as much as 75%, very dominating and more than the 50% , in addition to the 82% stated that the use of fuel in PT MSS is effective and sales 83% stated since taking fuel services than ever before, and in promoting Melia Propolis Biyang through BBM service tools used are testimony product pictures, photos of artists who use the product, product pictures, and broadcast about the products and testimony.

Kata Kunci : iklan, blackberry messenger (BBM), Multi Level Marketing (MLM)