NASKAH DRAMA DAG DIG DUG KARYA PUTU WIJAYA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT MANUSIA
VERA PRIFATAMASARI, Dr. Septiana Dwiputri Maharani
2015 | Skripsi | S1 ILMU FILSAFATNaskah drama berjudul DAG DIG DUG yang dikarang oleh Putu Wijaya secara garis besar merupakan naskah drama realis. Naskah drama realis yaitu suatu naskah yang bertitik tolak dari kenyataan. Lakon yang ada di dalam naskah yaitu lakon yang menyajikan peristiwa yang merupakan representasi dari kehidupan sehari-hari. Cerita yang dihadirkan di dalam naskah drama adalah peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Tema dan persoalan yang diangkat di dalam naskah drama Dag Dig Dug adalah kesendirian, kejenuhan, kesunyian, ketakutan, rasa curiga, kebimbangan, keegoisan, amarah, emosi, bahagia, derita, dan kematian. Alur cerita di dalam naskah drama Dag Dig Dug menggunakan alur maju yaitu diawali dengan pengenalan masalah, adanya pertikaian, puncak masalah (klimaks), anti klimaks, penyelesaian masalah, dan akhir cerita. Penelitian ini mempunyai objek material naskah drama Dag Dig Dug karya Putu Wijaya dengan objek formal filsafat manusia. Penelitian ini adalah penelitian pustaka yang mengumpulkan bahan dari buku, jurnal, makalah, esai, artikel-artikel, jurnal, dan juga laporan penelitian yang berkaitan dengan konsep filsafat manusia, biografi Putu Wijaya dan naskah drama, khususnya naskah drama Dag Dig Dug karya Putu Wijaya. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, klasifikasi data primer maupun data sekunder, analisis data, dan penyusunan hasil penelitian dengan penulisan yang sistematis disertai koreksi penelitian. Metode hermeneutika filosofis digunakan untuk mendapatkan kebermaknaan filsafat manusia di dalam naskah drama Dag Dig Dug. Metode tersebut dibantu dengan unsur metodis deskripsi, holistika, dan refleksi atas bahan-bahan yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua tokoh, atau manusia di dalam naskah drama Dag Dig Dug sangat mampu untuk diteliti secara kritis melalui kacamata filosofis antropologi atau filsafat manusia. Hasil dari penelitian ini yaitu hakikat manusia di dalam naskah drama Dag Dig Dug karya Putu Wijaya dilihat melalui unsur-unsur manusia yang ada di dalamnya dan melalui orientasi filsafat manusia di dalam naskah drama Dag Dig Dug. Unsur dan orientasi manusia di dalam naskah Dag Dig Dug dilihat dari konsep manusia terhadap diri sendiri, konsep tentang dunia, konsep tentang lingkungan dan juga konsep tentang Tuhan, lain daripada itu, ada pula unsur yang mempengaruhi yaitu dimensi yang dimiliki manusia yaitu dimensi jasmani dan rohani, bebas dan terikat, individu dan person, duniawi dan Ilahi.
A drama script entitled DAG DIG DUG written by Putu Wijaya, in general, is a kind of realist drama. A realist drama script is a script written based on reality or fact. The story is a story which presents events that represent daily lives. Therefore story in this kind of drama script is an event connected to human daily lives. Themes and problems represented in this drama entitled DAG DIG DUG are loneliness, boredom, silence, fear, suspicious feeling, indecision, egoism, anger, emotion, happiness, misery and death. This drama uses a forward plot; it starts with introduction of problems, rise of conflict, climax (of problem), anti-climax, problem solving and end of story. The object material of this research is drama script written by Putu Wijaya entitled Dag Dig Dug with formal object of human philosophy. The research itself is a library research by collecting materials from books, journals, papers, essays, articles and also reports of researches which are related to concept of human philosophy, biography of Putu Wijaya and drama scripts, especially drama script entitled Dag Dig Dug. This research is started with collecting data and arranges the result of research by using a systematic writing and correction of research. Method of hermeneutical philosophy is used to gain a meaning of human philosophy in this drama script. The method is assisted with some elements of description methodic, holistic, and reflection about materials collected. Result from this research shows that all characters, or human in this drama script may be examined critically through a glass of anthropology philosophy of human philosophy. The results is the essence of human in this script is viewed through human elements in it and through the orientation of human philosophy in the script of Dag Dig Dug. In this script, human elements and orientations are perceived through human concept of themselves, their concepts of world, about environment and also a concept about God, besides that, there is an affecting element which is a dimension owned by human, i.e. physical and spiritual dimensions, free and bound, individual and personal, earthly and heavenly.
Kata Kunci : naskah drama dag dig dug, konsepsi manusia, hakikat manusia