Laporkan Masalah

METODE PELAKSANAAN JEMBATAN OVERPASS PEDAGANGAN STA 29+834,87 PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL SURABAYA-MOJOKERTO

MONICA MAWAR A, Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D

2015 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SV

Proyek pembangunan jembatan Overpass Pedagangan pada proyek pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto sta. 29+834,87 merupakan bangunan pendukung untuk membantu jalur transportasi antar dukuh. Overpass merupakan bangunan struktur penghubung jalan eksisting/lokal yang terpotong oleh jalan tol. Jalan eksisting ini berada di atas jalan tol yang dilalui oleh kendaraan berat. Sehingga diperlukan perencanaan jembatan, alat dan bahan, hingga metode pelaksanaan yang efektif di lapangan. Pelaksanaan pembangunan jembatan overpass dimulai dari struktur bawah yang terdiri dari pekerjaan pondasi bore pile berdiamater 80 cm yang diperpanjang menjadi abutment-pier yang menopang balok-balok PCI Girder bentang 38 m. Abutment-pier dihubungkan dengan balok PCI Girder yang menahan plat lantai. Metode pelaksanaan dan penggunaan material jembatan overpass di lapangan sesuai dengan spesifikasi teknis. Peralatan yang digunakan sebagian besar menggunakan alat berat. Pelaksanaan pembangunan yang efektif dianalisis berdasarkan waktu pelaksanaan real di lapangan yang menghasilkan produktivitas harian. Produktivitas harian pekerjaan erection girder 7,69 balok/hari/tim, pekerjaan diafragma 6,82 diafragma/hari, dan pekerjaan plat lantai 0,15 sisi/hari. Dengan durasi aktual di lapangan 39 hari sehingga memenuhi durasi rencana namun mengalami keterlambatan dimulainya pelaksanaan dari jadwal rencana.

The Overpass Pedagangan bridge construction project on highway construction projects Surabaya-Mojokerto sta. 29+834,87 is support building to help transport lines between hamlet. Overpass is building structure connecting the existing road/local which is clipped by toll road. The existing road is above the toll road traversed by heavy vehicles. Therefore it is needed planning bridges, tools, materials, and the effective implementation method in the field. The implementation of the overpass bridge construction is began on the bottom structure which consisting of the foundation work bore pile 80 cm extended into abutment-pier that support PCI Girder beams span 38 m. The abutment to pier are connected with PCI Girder beams that hold the floor plate. The methods of implementation and the use of materials bridge overpass on the field is in accordance with the technical specifications. The equipment used mostly using heavy equipment. The effective implementation of development was analyzed by real-time implementation in the field which produces the daily productivity. Daily productivity of erection girder 7,69 beam/day/team, diaphragm work 6,82 diaphragm/day, and floor plate work 0,15 side/day. The actual duration is 39 days in the field so it reach the duration as plan but it was started late from the schedule plan.

Kata Kunci : Kata Kunci : Jembatan, Metode Pelaksanaan, Produktivitas Harian