Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga rumah mewah yang dibangun oleh pengembang ditinjau dari segi konsumen dan pengembang di Kabupaten Sleman
INDRIYA, Farida, Prof.Dr. Soelistyo, MBA
2002 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga rumah mewah yang dibangun oleh pengembang dari segi konsumen dan pengembang di Kabupaten Sleman. Dalam hal ini harga rumah merupakan variabel yang dijelaskan dipengaruhi oleh variabel harga rumah dari segi konsumen yaitu, luas bangunan, luas tanah, lebar jalan depan rumah, jarak ke Central Business District (Malioboro), harga tanah per meter persegi dan variabel dummy (boneka) ruang tersier, sedangkan variabel harga rumah dari segi pengembang yaitu, harga tanah per meter persegi, biaya konstruksi (bangunan) per meter persegi, variabel dummy (boneka) fasilitas umum kolam renang dan fitness center. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling yang menggunakan data kerat lintang dengan jumlah sampel sebanyak 66 unit rumah mewah yang diambil berdasarkan data perumahan mewah dari Real Estate Indonesia Propinsi Daerah lstimewa Yogyakarta. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan model persamaan simultan dan penyelesaiannya dengan metoda Two Stage Least Square (2SLS). Hasilnya diuji dengan uji kriteria ekonomi, uji kriteria statistik dan uji kriteria ekonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik yang dihasilkan dari analisis regresi adalah model linier. Keenam variabel harga rumah mewah dari segi konsumen secara serentak mampu menjelaskan variasi perubahan harga rumah mewah sebesar 0,976028%, sedangkan variabel harga rumah mewah dari segi pengembang mampu menjelaskan variasi perubahan harga rumah mewah sebesar 0,536767%.
This research attempts to know the factors what influence to the luxurious house price in Sleman Regency. Based on some theories to be the basis in writing this thesis. It can be known the some variables having the luxurious house prices seen from customer are as follows: the building width, the land width, the road width, the distance to Central Business District, the land price by meter square and the dummy variable tertiary room. The some variables having the luxurious house prices seen from developer are as follows: the land price by meter square, the construction cost by meter square, the dummy variables swimming pool facility and fitness center facility. The sample taking technique in this research is the stratified random sampling which uses cross section data with 66 luxurious house buildings based Real Estate Indonesia data on Daerah Istimewa Yogyakarta. Than, the data was analyzed using simultaneous equation model and the accomplishment was by using the Two Stage Least Square (2SLS). The result was tested by the economic criteria, statistic criteria and econometric criteria. Based on this research result shows that the best model produced from the regression analysis is tinier model. Where the statistically the six variables aggregately are able to influence the luxurious house price seen from customer as 0,976028%, while variables aggregately are able to influence the luxurious house price seen from developer as 0,536767%.
Kata Kunci : Harga Rumah Mewah,Pengembang dan Konsumen, Luxurious house price