Laporkan Masalah

Identifikasi Kerangka Berfikir Teori Perilaku Konsumen dan Permintaan; Studi pada Buku Teks Ekonomi Islam di Indonesia

FERRY KHUSNUL MUBARO, Akhmad Akbar Susamto, M.Phil., Ph.D

2015 | Tesis | S2 Agama dan Lintas Budaya

Proses pengkajian ekonomi Islam masih berjalan, dan masih terjadi perbedaan (perdebatan) terutama dalam menggunakan kerangka berfikir. Ditengah-tengah perdebatan tersebut, buku-buku teks ekonomi Islam di Indonesia banyak bermunculan. Dengan belum mapannya kerangka berfikir yang dapat dijadikan acuan, maka bagaimana buku-buku teks ekonomi Islam di Indonesia menjelaskan dan menyajikan teori tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku-buku teks ekonomi Islam dalam menjelaskan dan menyajikan teori perilaku konsumen dan permintaan, mengkomparasikan masing-masing buku teks ekonomi Islam dalam menyajikan dan menjelaskan teori perilaku konsumen dan permintaan, dan mengkomparasikan buku teks ekonomi Islam dengan buku teks ekonomi konvensional dalam menjelaskan teori perilaku konsumen dan permintaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka dengan menggunakan buku teks sebagai objek analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berupa buku teks ekonomi Islam dan buku teks ekonomi konvensional dengan penulis orang Indonesia. Metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel 13 buku teks ekonomi Islam dan 3 buku teks ekonomi konvensional yang sesuai dengan kriteria. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku-buku teks ekonomi Islam dalam menjelaskan dan menyajikan teori konsumsi masih beragam. Jika dibandingkan antar buku teks tersebut memiliki perbedaan, yaitu dalam menyajikan babnya, rincian penjelasannya, dalam menggunakan pendekatan, dalam menggunakan alat analisis, dalam menggunakan asumsi, dan dalam menyampaikan ide pokok teori perilaku konsumen. Jika dibandingkan dengan buku teks konvensional memiliki perbedaan dalam penyajian, menjelaskan, pendekatan yang digunakan, alat analisis yang digunakan, asumsi yang digunakan, dan penyampaian ide pokok teori perilaku konsumen. Dengan demikian, perlu adanya penggunaan kerangka berfikir yang tepat agar keragaman tersebut dapat diminalisir, terutama dalam menyampaikan ide pokok teori perilaku konsumen.

Islamic economic assessment process is still running, and still there is a difference especially in using the framework. In the midst of the debate, economics text books Islam in Indonesia are emerging. With the consolidation of the framework not think that can be used as a reference, then how economics text books Islam in Indonesia explain and present the theory. This study aimed to describe the text books of Islamic economics in explaining and presenting the theory of consumer behavior and demand, to compare each textbook of Islamic economics in presenting and explaining the theory of consumer behavior and demand, and compare Islamic economics textbooks with conventional economics textbook in explaining the theory of consumer behavior and demand. This study is a research library using text books as objects of analysis. Source of data used are primary data in the form of Islamic economics textbooks and conventional economics textbook writer Indonesian people. Sampling method by purposive sampling, with a sample of 13 textbooks of Islamic economics and 3 conventional economics textbook that fits the criteria. Methods of data analysis using descriptive and comparative methods. The results showed that the textbooks of Islamic economics in explaining and presenting the theory of consumption varies. If compared between these textbooks have differences, that in presenting his chapter, the details of the explanation, the approach, the use of analytical tools, the use of assumptions, and in conveying the main idea of consumer behavior theory. When compared with conventional text books have differences in presentation, explaining the approach used, analysis tools are used, the assumptions used, and the delivery of the main idea of consumer behavior theory. Thus, the need for proper use of frameworks that can be diminalisir diversity, especially in conveying the main idea of consumer behavior theory.

Kata Kunci : Teori Perilaku Konsumen, Permintaan, Buku Teks Ekonomi Islam