Laporkan Masalah

EVALUASI DAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO

WESTRI KUSUMAYANTI, 1. Prof. Slamet PH, MA., M.Ed., MA., MLHR., Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Akuntansi

Evaluasi kinerja penting dilakukan dalam rangka untuk mengetahui tingkatan kinerja yang dicapai oleh instansi pemerintah. Evaluasi kinerja yang dilakukan berkaitan dengan kinerja pelayanan publik maupun kinerja yang dicapai berdasarkan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang termasuk di dalamnya adalah evaluasi terhadap indikator kinerja yang diitetapkan dalam lakip. Jenis penelitian ini adalah evaluasi. Metode untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan datanya triangulasi yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh: (a) kinerja pelayanan publik Dinas Dikbudpora Kabupaten Purworejo kriterianya cukup; (b) kinerja menurut Lakip mencapai kriteria sangat baik; (c) indikatorkinerja yang ditetapkan dominan berada pada kuadran 1, yang berarti masih dalam kriteria kuantitas upaya; (d) faktor yang mempengaruhi kinerja secara umum yaitu belum ada komitmen pimpinan untuk meningkatkan kinerja, sumber daya manusia yang terbatas pemahamannya dalam penyusunan dokumen perencanaan, evaluasi, dan pelaporan dan program/kegiatan tidak mendukung capaian target kinerja dalam renstra; (e) Strategi untuk meningkatkan kinerja yaitu komitmen para pimpinan baik pimpinan daerah maupun pimpinan instansi, penataan personil yang tepat utamanya penempatan para pejabatnya, pemberian pelatihan kepada para personil yang melaksanakan tugas di bidang perencanaan, dan evaluasi dan pelaporan.

Important performance evaluation in order to determine the level of performance achieved by government agencies. The performance evaluation is done with regard to the performance of public service and the performance achieved by performance accountability reports that government agencies including the evaluation of the performance indicators promulgated in LAKIP. This type of research is evaluation. Methods to answer the questions posed in this study using qualitative methods. Namely triangulation data collection through interviews, observation, and study the document. The results obtained: (a) public service performance criteria Office Dikbudpora Purworejo enough; (b) the performance by LAKIP achieve excellent criteria; (c) set out a dominant performance indicators are in quadrant 1, which means the effort is still in quantity criteria; (d) factors that affect performance in general that there is no commitment of the leadership to improve performance, human resources are limited understanding in the preparation of planning documents, evaluation, and reporting and program / activities do not support the achievement of performance targets in the strategic plan; (e)strategies to improve the performance of which is the commitment of the leaders of both regional leaders and the head of the institution, its main structuring appropriate personnel placement officials, providing training to the personnel who carry out tasks in the field of planning, and evaluation and reporting.

Kata Kunci : kinerja, evaluasi, indikator kinerja, cetakbiru kinerja, kuadran Friedman

  1. S2-2015-359647-abstract.pdf  
  2. S2-2015-359647-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-359647-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-359647-title.pdf