Laporkan Masalah

PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TENTANG LAKTASI TERHADAP SELF EFFICACY IBU MENYUSUI PADA IBU PRIMIPARA

SITI ROCHANA, Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D.S; Widyawati, S.Kp., M.Kes

2015 | Tesis | S2 Keperawatan

Latar Belakang: Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pemberian ASI adalah keyakinan ibu (self efficacy) yang menggambarkan keyakinan diri seorang ibu pada kemampuannya untuk menyusui bayinya. Informasi yang tidak adekuat mengakibatkan ibu kurang yakin dengan kemampuannya untuk menyusui bayi. Pemberian informasi melalui edukasi kesehatan sangat dibutuhkan ibu untuk sukses menyusui. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian edukasi tentang laktasi terhadap self efficacy ibu menyusui pada ibu primipara. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan quasi experimental study dengan non randomized pretest and posttest with control design. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sampang, Puskesmas Adipala I, Puskesmas Kroya I dan Puskesmas Binangun dari bulan Desember 2014 sampai dengan Februari 2015. Jumlah sampel masing-masing kelompok sebanyak 24 responden dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan concecutive sampling. Media edukasi yang dipakai adalah booklet edukasi kesehatan yang disusun oleh peneliti dari berbagai sumber. Instrumen yang digunakan adalah Breastfeeding Self Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF) yang sudah dialihbahasakan dan sudah diuji dengan nilai reliabilitas 0,872. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test, untuk mengetahui pengaruh edukasi digunakan analisis regresi linear. Hasil Penelitian: Self efficacy ibu menyusui sebelum intervensi setara pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu 51,00 dan 51,75 (p>0,05) dan terjadi peningkatan signifikan setelah intervensi masing-masing 67,96 dan 53,54 (p<0,05). Peningkatan self efficacy pada kelompok intervensi yang diberikan edukasi kesehatan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan selisih perubahan 15,17 (p<0,05). Kesimpulan: Edukasi kesehatan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan

Background: One of the factors that determine the success of breastfeeding is maternal confidence (self-efficacy) that describes a mother's confidence in her ability to breastfeed her baby. Inadequate information resulting in mothers less confident with her ability to breastfeed. The provision of information through health education is needed for successful breastfeeding mothers. Purpose: To know the effect of education on lactation for breastfeeding self efficacy in women primipara. Method: This type of research was a quantitative study with a quasi-experimental design with a non-randomized pretest and posttest with control design. This research was conducted at the health center Sampang, Adipala I, Kroya I and Binangun of months December 2014 to February 2015. The number of samples of each group were 24 respondents to the sampling technique used concecutive sampling. Educating the media used is a health education booklet compiled by researchers from a variety of sources. The instrument used is the Breastfeeding Self-Efficacy Scale Short Form (BSES-SF) which has been translated and has been tested with the reliability value of 0.872. Data were analyzed using independent sample t-test and paired sample t-test, to determine the effect of education used linear regression analysis. Research Result: Self-efficacy equivalent nursing mothers before intervention in intervention and control groups, namely 51.00 and 51.75 (p> 0.05) and a significant increase after the intervention respectively 67.96 and 53.54 (p <0.05) , Increased self-efficacy in the intervention group were given health education is higher than the control group by a margin of 15.17 changes (p <0.05). Conclusion: Health education significant effect on self-efficacy enhancement nursing mothers.

Kata Kunci : self-efficacy, breastfeeding mother, health education

  1. S2-2015-337569-abstract.pdf  
  2. S2-2015-337569-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-337569-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-337569-title.pdf