Laporkan Masalah

ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MOBIL KATEGORI LCGC

AGUSTINUS EKO SUSETYO, ST , M.K.HERLIANSYAH, S.T.,M.T.,Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Teknik Industri

Beragam tingkat kepentingan dan latar belakang seseorang membeli sebuah mobil tidak luput dari perhatian pelaku industri otomotif. Banyak sekali jenis mobil yang ditawarkan ke pelanggan dengan dilengkapi atribut-atribut sehingga konsumen dapat memilih penawaran yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen dapat dicapai dengan memenuhi pengharapan dari konsumen pada saat akan membeli sebuah produk. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja/kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut mobil kategori LCGC. Sebanyak 100 konsumen/pengguna mobil kategori LCGC memberikan respon terhadap kuesioner, ada 23 atribut yang dianalisis tingkat kepentingan dan kinerja/tingkat kepuasannya. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Analisis data yang digunakan dengan importance performance analysis yaitu mean tingkat kepentingan, mean kinerja, costumer gap, quadran analysis dan potential gain in costumer value. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepentingan 5 atribut yang paling penting buat konsumen yaitu atribut sistem pengereman yang baik merupakan hal yang paling penting bagi pelanggan dengan mean 4,88 dan diikuti dengan atribut kemampuan body melindungi penumpang dengan mean sebesar 4,87 dimana kedua atribut merupakan kriteria aspek keamanan. Kemudian atribut kekuatan mesin baik dengan mean 4,84 dan atribut mobil yang hemat bahan bakar dengan mean 4,83 merupakan aspek performa mesin dan kualitas alat safety yang baik dengan mean 4.81 merupakan aspek keamanan. Sedangkan 5 atribut yang dirasakan paling baik kinerjanya adalah atribut kualitas alat safety yang baik dengan mean 4,23 merupakan aspek keamanan, atribut pengendalian kemudi dan kendaraan yang mudah dengan mean 4,19 merupakan aspek kenyamanan, atribut sistem pengereman yang baik dengan mean 4,17 merupakan aspek keamanan, atribut kualitas audio yang bagus dengan mean 4,12 merupakan aspek desain kemudian diikuti dengan atribut mobil yang hemat bahan bakar dengan mean 4,11 merupakan aspek performa mesin. Untuk nilai gap negatif tertinggi adalah pada aspek pasar (-1,22) sedangkan nilai gap negatif terendah terdapat pada aspek desain (-0,44). Berdasarkan hasil quadran analysis dan indeks potential gain in costumer value atribut-atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah harga mobil murah, harga jual kembali tinggi, mobil berbahan bakar jenis Pertamax, kemampuan body melindungi penumpang, keleluasaan gerak penumpang.

Various levels of interest and the background of someone buying a car did not escape the attention of the perpetrators of these automotive industry, to the many types of cars that are offered to customers with equipped attributes so that consumers can choose the offer that is better suited to the wants and needs of consumers. The level of satisfaction can be achieved by meeting the expectations of consumers at a time when going to buy a product. As for the goal of the research is to find out the level of interest and level of performance/satisfaction of attributes of car categories low cost green car. As many as 100 consumer/user car category low cost green car will provide a response to the questionnaire, where there are 23 attributes that will be analyzed the importance and level of performance. The sampling techniques used i.e. accidental sampling. Data analysis that are used with importance performance analysis that the mean rate of interest, the mean performance of the costumer gap, quadran analysis and potential gains in customer value. Level based on interests 5 attributes most important for consumers is attributes system braking good the most important for customers with the mean 4,88 and followed by with attributes ability body protect passengers with the same mean of 4,87 where both attributes is criteria aspect security.Then attribute a power good with the mean 4,84 and attributes car friendly fuel with the mean 4,83 is aspect performance machine and quality instrument safety good with the mean 4.81 is security aspect. While the 5 attributes that are considered to have the most excellent performance is the attribute of a good quality safety tool with 4.23 is the aspect of security, attributes control mean steering wheel and the vehicle is easy with mean 4,19 is the aspect of convenience, attributes a good braking system with mean 4.17 is the aspect of security, attributes a great Audio quality with mean 4.12 is the aspect of design, followed by attributes the fuel-efficient Car with mean 4.11 is the aspect of the performances of the machine. To value gap negative highest is on the market ( -1,22 ).While the value of the gap on the lowest there are negative design ( -0,44 ). Based on the results of the quadran analysis and index potential gains in customer value attributes a priority repairs are cheap car prices, resale prices are high, pertamax types-fuelled car, the ability of the body to protect passengers, unhampered movement of passengers.

Kata Kunci : Importance, level of Satisfaction/performance attributes, Car Category LCGC