Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Berpikir Kritis
ROSA PUTRANTI WINENGGAR, Thomas Dicky Hastjarjo, Prof., Ph. D.
2015 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan Mind Map terdahap berpikir kritis. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah berpikir kritis, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah pelatihan mind map. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan rancangan nonrandom assignment. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini menggunakan alat ukur skala berpikir kritis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan berpikir kritis sebelum diberi pelatihan mind map dan sesudah diberi pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas XI IPS SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kendali 13 siswa dan kelompok eksperimen 8 siswa. Melalui penggunaan teknik analisis Mixed Anava dalam pengolahan data, diperoleh hasil adanya pengaruh pelatihan Mind Map terhadap berpikir kritis ( F=26,377 p<0,01). Perubahan positif berpikir kritis signifikan terjadi pada kelompok eksperimen (MD=-21,00; p<0,05) sedangkan perubahan tidak signifikan terjadi pada kelompok kendali (MD=-3,84; p>0,05). Pelatihan Mind Map memberikan sumbangan efektif sebesar 77,1% terhadap berpikir kritis.
This aim of this study is to determine the effect of Mind Map training to critical thinking. The dependent variable in this study is the critical thinking, while the independent variable is Mind Map training. This study used non random assignment quasi experimental design and the data collected from 21 students in SMA Stella Duce 1 Yogyakarta with instrument critical thinking scale. The hypothesis which is tested in this study is there is difference between critical thinking before trained by Mind Map training and after trained by Mind Map training. Through the use of Mixed Anava analysis technique in data processing, the result of the study is Mind Map training influence critical thinking (F=26,377 p<0,01). The significant difference critical thinking happened in experiment group (MD=-21,00; p<0,05), while the difference in control group not significant (MD=-3,84; p>0,05). The effective contribution of Mind Map training is 77,1%.
Kata Kunci : Mind Map training, Mind Map module training, critical thinking