Menjadi Muslim Jerman Atau Muslim Etnis: Upaya Aktor Islamischer Religionunterricht dan Komunitas Muslim Dalam Pembentukan Identitas Melalui Pengajaran Islam di Jerman
TUTI ELFRIDA, Dr. Anna Marie Wattie, M. A.
2015 | Tesis | S2 ILMU ANTROPOLOGIBentuk-bentuk diaspora dan praktik transnasionalisme komunitas Muslim di Jerman dianggap sebagai ancaman bagi negara dan bangsa Jerman. Mereka menciptakan dunia paralel yang terpisah dari kehidupan populasi mayoritas. Pemerintah Jerman kemudian mengupayakan integrasi yang salah satunya ditempuh melalui pengajaran Agama Islam (IRU) di sekolah umum bagi anak-anak Muslim. Tesis ini mendiskusikan langkah pemerintah dalam mengubah identitas anak-anak Muslim demi tujuan integrasi. Pertanyaan-pertanyaan penelitian meliputi: bagaimana praktik pengajaran agama Islam di sekolah umum Jerman? Bagaimana perspektif aktor-aktor yang terlibat dalamIRUterhadap nilai atau ajaran yang disampaikan melalui pengajaran agama Islam tersebut? Serta, bagaimana peran komunitas dalam pendidikan Islam dan pandangan mereka terkait pengajaran Islam di sekolah Jerman? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian terjawab melalui observasi dan wawancara terhadap aktor-aktor yang terlibat dalam IRU dan juga komunitas muslim yang berada di masjid-masjid. Terlihat bahwa tujuan implementasi pengajaran Islam ini salah satunya untuk mengubah Identitas anak-anak Muslim, sehingga menyandang status sebagai Muslim-Jerman dengan berpartisipasi aktif bagi perkembangan negara dan bangsa Jerman. Para aktor yang terlibat dalam praktik pengajaran Islam tersebutmemandang bahwa identitas ke-Islam-an generasi muda Muslim harus tetap dipertahankan dalam lingkup masyarakat Jerman. Pun, mereka juga menekankan bahwa anak-anak Muslim harus mampu hidup berdampingan secara damai dengan kelompok lain di luar komunitas mereka. Di sisi lain, masjid dan komunitas Muslim juga tengah berupaya mempertahankan identitas etnis dari anak-anak Muslim melalui pendidikan. Pengajaran Islam yang berlangsung di masjid-masjid mengarahkan generasi mudanya untuk menjadi Muslim secara total. Anak-anak Muslim kemudian berada di antara dua kepentingan. Kepengaturan negara untuk menanamkan nilai kewarganegaraan dan mengubah Identitas demi integrasi mereka terhalang oleh upaya komunitas Muslim dalam mempertahankan identitas Islam berbasis etnis. Anak-anak Muslim tetaplah bagian dari komunitas Muslim berbasis etnis, hanya saja memiliki pola pikir berbeda sesuai dengan nilai-nilai yang diinternalisasi melalui pengajaran Islam di sekolah umum.
Diaspora and transnationalism practices of the Muslim community in Germany are considered as a threat to the state and the nation of Germany. They created a parallel world that is separated from the majority of the population. The German government, then, pursue integration which one of them implemented through Islamic religious instruction (IRU) in public schools for Muslim children. This thesis discusses the government ways in building the identity of Muslim children for the purpose of integration. The questions of the research included, how is the practice of Islamic religious instruction in public schools in Germany? How is the perspective actors of IRU toward practices and values of Islamic religious instruction? As well, how is the role of Muslim community in Islamic education and their perspectives related to the Islamic religious instruction in German schools?The questions are then answered through observation and interviews of actors involved in Islamic religious instruction and the Muslim community who are in the mosques. It appears that one of the purposes of the implementation of IRU is to change the Identity of Muslim children, so they hold the status as a German Muslim by actively participated in the development of Germany.The actors involved in the practice of IRU view that the identity of all young Muslims should be maintained within the scope of German society. Also, they also stressed that Muslim children should be able to coexist peacefully with other groups outside their communities. On the other hand, Muslim communities and mosques also work to maintain the ethnic identity of Muslim children through education. Islamic education that takes place in mosques directs the younger generation to become Muslim based on their ethnic. Muslim children then stay between two interests. State governmentality which transfer civic values and change the Identity for the sake of integration is obstructed by efforts of Muslim communities in maintaining Islamic identity based on ethnicity. Muslim children remain part of the ethnic-based Muslim community, only they have a different mindset in accordance with the values internalized through the IRU in German public schools.
Kata Kunci : Komunitas Muslim, integrasi, pengajaran Islam, kepengaturan, kewarganegaraan, identitas.