Evaluasi Sistem Business Intelligent Mengunakan Model Kesuksesan Sistem Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean di PT Hero Supermarket Tbk.
ROBERT BIMO WAHYU BASKORO, Sony Warsono, Dr. Ak., MAFIS
2015 | Tesis | S2 ManajemenBusiness Intelligence (BI) dikenal sebagai suatu sistem informasi yang bertugas mengambil data dari berbagai sumber dan mengolahnya untuk menjadi informasi yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk membantu membuat keputusan yang tepat dan efektif dan efesien bagi perusahaan. Dengan pengimplementasian sistem BI di perusahaan akan membantu perusahan mendapatkan keunggulan kompetitif sehingga dapat meningkat keuntungan, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan effesiensi perusahaan. PT Hero Supermarket Tbk. memutuskan untuk mengimplementasikan sistem Business Intelligence (BI) pada awal 2012 dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Pengimplemetasian sistem BI di PT Hero Supermarket diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar pada perusahaan. Akan tetapi, 2 tahun setelah implementasi masih banyak masalah yang timbul pada sistem BI yang baru yang membuat sistem BI di PT Hero tidak berjalan optimal sehingga terdapat keraguan dari pihak management kesuksesan sistem BI di PT Hero Supermarket. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem Business Intelligent (BI) di PT Hero Supermarket apakah dapat dikatakan berhasil atau sukses dan mempunyai dampak positif terhadap kinerja individu maupun perusahaan / organisasi dengan menggunakan pendekatan model Delone dan McLean. Diharapkan melalui penelitian ini sebagai bahan rekomendasi dalam membentuk sistem BI yang lebih baik di PT Hero Supermarket Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dilakukan dengan menggunakan 6 variable sesuai dengan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean yang digunakan untuk mengukur keberhasilan sistem BI di PT Hero Supermarket yaitu: kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), dampak individual (individual impact), dan dampak organisasi (organization impact). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei terhadap pengguna sistem BI di PT Hero Supermarket Tbk. dan pengujian dilakukan dengan menggunakan pemodelan persamaan struktural (Structural Equation Modelling / SEM) yang berbasis komponen(component based) yang populer dengan nama partial least square path modeling (PLS-SEM). Dari hasil pengujian menunjukan bahwa dampak organisasi (organizational impact) dipengaruhi oleh Dampak individu (individual impact). Dampak individu (individual impact) dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan pemakai (user satisfaction) tetapi tidak dipengaruhi oleh penggunaaan (use). Sedangkan antara kepuasan pemakai (user satisfaction) dan penggunaan (use) terbukti secara empiris tidak mempengaruhi satu sama lain. Penelitian juga menunjukan bahwa persepsian kualitas informasi (perceived information quality) memberikan pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan pemakai (user satisfaction), akan tetapi memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan (use). Sedangkan persepsian kualitas sistem (perceived system quality) terbukti secara empiris memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pemakai (user satisfaction) dan penggunaaan (use).
Business Intelligence (BI) is known as an information system used to take data from many sources and process it as information that can be used by its users to help them to make right and effective decision for organization . With Implementation of BI system in the organization will help to get competitive advantage so that can increase its profit, reduce operational cost, and will increase efficiency. However same with other implementation of other information system, implementation of BI in various company is not always successful . PT Hero Supermarket Tbk. decided to implement BI system at beginning 2012 with purpose to increase their competitiveness. With implementation of BI, it was hoped that can give great benefit to the organization. However after 2 years of implementation many problems still found. This make BI system in PT Hero Supermarket not optimal therefore the success of the BI system was doubt by management of PT Hero Supermarket. The purpose of this study is to evaluate the system Business Intelligent (BI) in PT Hero Supermarket whether implementations BI system was successful ot not successful and had positive impact on the performance of individuals and companies / organizations by using Success Model Delone and McLean Information System approach. With this research will serve as a recommendation to make better BI system at PT Hero Supermarket Tbk. This research is a case study conducted using 6 variable according to Success Model Delone and McLean Information System which is used to measure the success of BI system in PT Hero Supermarket which are quality system, the quality of information, use, user satisfaction, individual impact, and organization impact. Data collection was done by conducting a survey of users of BI system in PT Hero Supermarket Tbk. and testing was done by using structural equation modeling (SEM) component-based which is popularly known as partial least squares path modeling (PLS-SEM). From the test results show that organizational impact is affected by individual impact. Individual impact significantly influenced by user satisfaction but not affected by use. While user satisfaction and use proved empirically not affect each other. Research also show that perceived information quality provide a significant positive effect on user satisfaction, but a significant negative impact on the use use. While perceived system quality empirically proven to provide significant positive effect on user satisfaction and use.
Kata Kunci : Business Intelligence (BI), Sistem Kesuksesan model Delone dan McLean, pemodelan persamaan structural, partial least square, PT Hero Supermaket Tbk.