Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor di kota Yogyakarta
WIDYASTUTI, Chrestina Erni, Dr. Soeratno, M.Ec
2002 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah kendaraan bermotor menurut jenisnya terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Batik Nama Kendaraan Bermotor di Kota Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat elastisitasnya. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan target dan realisasi Pendapatan Asli Daerah dan laporan realisasi jumlah kendaraan bermotor tahun 1998/1999-2001 Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Alat yang digunakan untuk menganalisis adalah uji akar-akar unit dan derajat integrasi satu, regresi tinier berganda, dan uji kriteria ekonometrika. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel truk/pick up (tp) tidak berpengaruh secara positif dan variabel sedan (sdn) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan PKB, sedangkan yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan BBNKB (BBN I) adalah variabel micro/minibus (mb). Meskipun tidak semua variabel independen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penerimaan PKB dan BBNKB, namun apabila dilihat dari tingkat korelasinya sudah sangat baik, masing-masing mencapai sebesar 86,31 persen dan 96,58 persen. Untuk tingkat elastisitas, baik terhadap penerimaan PKB maupun BBNKB semua variabel independennya bersifat in elastis karena lebih keQi1 dari satu, kecuali variabel jumlah micro/minibus terhadap penerimaan PKB sebesar 1,593. Di samping itu semua variabel yang digunakan tidak terkena multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi serta stasioner pada derajat integrasi satu.
The objective of this research is to find out how the number of motorized vehicles in different type affect the amount sum of annual tax of motorized vehicles and motorized vehicles registration in Yogyakarta Municipality. Besides observing the elasticity rate. The data used in this research is secondary data taken from annual report on Regional Natural Income Office of Yogyakarta Special Province and number vehicles in Yogyakarta Municipality reported by The Regional Revenue Services of Yogyakarta Special Province between 1998/1999-2001. The tools analysis used in this research are testing for unit roots and testing for degree of integration, multiple liniear regreSsion, and testing for econometrica criteria. The finding of the research indicate that the truck/pick up variable is not positively and variable of sedan is not significantly affect motorized vehicles tax, while van/minibus do not affect the motorized registration fee significantly. Although not all independent variables affect positively 'and significantly to the motorized vehicles tax and motorized vehicles registration, but correlation rate are very good, they are 96,58 percent and 86,31 percent. The elasticity rate of all independent variables either towards motorized vehicles tax ang motorized vehicles registration fee is inelastic for the elasticity rate smaller than one, except the variable of van/minibus towards motorized vehicles tax which is 1,593. All variables have undergone classical assumption test and show no multicollinearity, heteroscedasticity and autocorrelation and for one degree of integration are stationary.
Kata Kunci : Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, Kota Yogyakarta