REKONDISI/MODIFIKASI SISTEM PENGAPIAN KIJANG HLA DENGAN CDI
HIJIR ISMAIL, Harjono, ST., MT.
2015 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINSaat ini teknologi kendaraan sangat berbeda, misalnya adalah EFI (Electronic Fuel Injection). Ini tidak lagi menggunakan platina dalam produk kendaraan baru. Tapi di Indonesia masih banyak kendaraan menggunakan platina. Dan telah berubah ke sistem pengapian elektronik. Koten ini berbicara tentang modifikasi sistem pengapian platina ke sistem pengapian elektronik. Toyota Kijang mesin HLA (5K) masih menggunakan sistem platina. Ini adalah sistem pengapian lama, itulah sebabnya penulis melakukan modifikasi dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian elektronik dengan distributor elektronik. Dengan mengganti sistem pengapian platina ke sistem pengapian elektronik, diharapkan lebih efisien dalam hal perawatan karena tidak menggunakan sistem ini lagi, tidak pernah mengganti platina yang rusak dan minim gesekan.
This time a vehicle technology is very different, for the example is EFI (Electronic Fuel Injection). This is not use a contact point in a new vehicle product. But in Indonesian still much a vehicle use the contact point. That is already change to a electronic ignition system. This contents talk about modification a contact point ignition system to electronic ignition system. Toyota Kijang engine HLA (5K) is still use a contact point system. This is a old ignition system, that is why a writer do this action modification from contact point ignition system to electronic ignition system with electronic distributor. With replacing a contact point igniton system to electronic ignition system, it is to be hoped more efficient about maintenance because there is not use this system anymore, never replace damage contact point and less friction on it.
Kata Kunci : Ignition,contact point system,electronic ignition system