Laporkan Masalah

Analisis dan Perancangan Sistem Akuntansi (Studi Kasus: UD BERDIKARI)

FITRIA UTAMININGSIH, Laurentius Suparwoto, Drs., M.Sc., CMA.,

2015 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini meneliti mengenai Analisis dan Perancangan Sistem Akuntansi pada UD BERDIKARI. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem akuntansi yang berlaku di UD BERDIKARI dan merancang sistem akuntansi yang lebih sesuai dan relevan dengan situasi dan kondisi UD BERDIKARI. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara peninjauan langsung ke objek penelitian, yaitu UD BERDIKARI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi: (1) memahami sistem akuntansi yang berlaku, (2) menganalisis kelemahan sistem akuntansi yang berlaku, dan (3) merancang sistem akuntansi. Hasil dari penelitian ini yaitu masih terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan pada sistem akuntansi yang berlaku meliputi adanya overlap tugas pada bagian administrasi dan keuangan; kurang lengkapnya dokumen-dokumen pendukung transaksi seperti tidak adanya dokumen permintaan pembelian, surat order pembelian, dan bukti penerimaan barang pada Sistem Akuntansi Pembelian; dan belum terdapat pembatasan wewenang yang jelas antara satu bagian dengan bagian lainnya. Berdasarkan kelemahan yang telah didapat, peneliti merekomendasikan Rancangan Sistem Akuntansi yang lebih sesuai dan relevan untuk diterapkan di UD BERDIKARI. Kata kunci: Dokumen Pendukung Transaksi, Overlap Tugas, Perancangan Sistem Akuntansi, Surat Order Pembelian

This research examined the Accounting System Analysis and Design in UD BERDIKARI. The purpose of this research is to evaluate accounting system in UD BERDIKARI and designing accounting system to be applied in the company. This research was descriptive with qualitative approach. Method of data collection by direct observation in the company. The data used in this research is the primary data from observation, interview and documentation. Analysis was done by three step: (1) understanding applied accounting system, (2) analysis weaknesses, and (3) designing accounting system. The result of this research is there are still some weaknesses were found include task overlap in the administrative and finance department; incomplete supporting documents transaction; and there are no clear restrictions of authority in the company. Based on the weaknesses, the researcher gave recommend Design of Acoounting System which more appropriate and relevant to be applied in UD BERDIKARI. Keywords: supporting documents transaction, task overlap, designing accounting system, purchasing order document

Kata Kunci : Dokumen Pendukung Transaksi, Overlap Tugas, Perancangan Sistem Akuntansi, Surat Order Pembelian

  1. S1-2015-297330-abstract.pdf  
  2. S1-2015-297330-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-297330-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-297330-title.pdf