Eksistensi Ciu Di Suatu Wilayah
DEWA INDRA P A J P, Drs. Soeprapto, S.U
2015 | Skripsi | S1 SOSIOLOGITidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini minuman keras telah menjadi kebutuhan banyak pihak dalam memenuhi suatu keinginan dan kebutuhan akan suatu gaya hidup, termasuk masyarakat golongan bawah. Pada awalnya minuman keras dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat tetapi sekarang agak sedikit sulit bagi golongan bawah karena ada kenaikan harga terhadap minuman keras bermerek. Dampak kenaikan harga minuman keras bermerek membuat konsumen strata sosial bawah mencari minuman keras alternatif yang dapat dijangkau oleh ekonomi mereka yaitu ciu. Padahal sudah menjadi pengetahuan umum ciu merupakan minuman illegal yang belum terjamin keamanannya untuk dikonsumsi. Masyarakat sebagai kontrol sosial sudah seharusnya melaporkan dan mencegah peredaran minuman keras ciu yang berada di lingkungan sekitarnya. Sehingga keberadaan penjual minuman keras ciu yang eksis di suatu wilayah menjadi sebuah kasus yang harus diteliti untuk mampu mengungkap mengapa penjual mampu eksis menjalankan usahanya ditengah wacana tentang minuman keras ciu itu sendiri illegal. Untuk menjawab permasalahan tersebut, telah dilakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang cocok untuk mengkaji masalah ini. Studi kasus kasus berusaha untuk menyingkap konteks peristiwa, fenomena, atau kasus yang sedang diteliti. Kasus eksistensi ciu di suatu wilayah merupakan fenomena kriminalitas sosial yang terjadi didalam masyarakat karena melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Minuman keras saat ini sudah menjadi momok dalam kehidupan masyarakat karena menelan banyak korban jiwa dan memicu perilaku kriminalitas seperti yang dipublikasikan oleh media televisi dan surat kabar. Dampak negatif minuman beralkohol dalam masyarakat pada baik remaja, pemuda, orang tua sudah sangat meresahkan semua pihak. Peneliti menggunakan teori pertukaran sosial untuk mengkaji kasus peredaran minuman keras ciu yang eksis di wilayah itu. Hubungan timbal balik antara penjual ciu dengan jaringannya menjadi faktor penting mengapa perdagangan ciu di wilayah tersebut tetap eksis. Adanya transaksional menguntungkan masing-masing aktor dengan penjual ciu menjadi dasar hubungan tersebut tetap dijaga dan aktivitas perdagangan ciu dipertahankan hingga terbentuknya ikatan jaringan sosial antara penjual dengan para aktor. Kedudukan minuman keras ciu sebagai minuman keras alternatif pengganti minuman keras bermerek telah merubah konstruksi masyarakat akan wacana minuman ciu yang illegal. Ciu sebagai perwujudan dari kelas sosial atas yang mereka biaskan lewat kelas sosial bawah dalam rangka kenaikan harga minuman keras bermerek dimanfaatkan masyarakat jelata untuk dapat menikmati kebutuhan dan keinginan akan suatu gaya, yaitu gaya hidup ala modern Adanya hubungan timbal balik antara penjual ciu dengan aktor-aktor jaringannya yang mempunyai peranan dalam menjaga dan mempertahankan peredaran ciu di wilayah tersebut menjadikan masyarakat sebagai kontrol sosial tidak berfungsi dan hukum tidak berjalan, meskipun berada ditengah wacana pemberitaan akan bahaya minuman keras yang illegal. Kata kunci : Eksistensi ciu disuatu wilayah, ciu sebagai minuman keras alternative pengganti minuman keras bermerek, hubungan pertukaran penjual ciu dengan para aktor.
It is undeniable that to date liquor has become a necessity by many in fulfilling a desire and need for a lifestyle to include lower classes of society. At first liquor can be obtained by all walks of life, but now only a little difficult for the people of lower classes because there is a rise in the price of branded liquor. The impact of price increases branded liquor made of the lower class consumers seek alternative liquor that can be reached by the ability of their economies, namely liquor ciu's. Though it is common knowledge ciu is illegal drinks that are not guaranteed safe for consumption. Society as a social control must be reported and to prevent the circulation of liquor ciu existing in the surrounding environment. So the existence of liquor ciu that exist in an area becomes a case study must be conducted to be able to uncover why the seller can ciu doing business between the discourse of liquor ciu it is illegal. To answer the above problems, it has carried out a qualitative study using a case study approach that is suitable to examine this issue. The case study is a case of trying to uncover how the context of the events, phenomena, or the case is being investigated. There ciu's sellers that exist in an region of criminality is a social phenomenon that occurs in the community for violating the legislation in force, quor is now a debate in society as claimed many casualties and trigger criminal behavior as published by the media of television and newspapers. The negative impact of liquor for everyone has been very troubling of all parties This study uses social exchange theory to examine the case of the circulation of liquor ciu that exist in the region. Reciprocal relationship between the seller ciu the network becomes an important factor why ciu trade in the region still exist. The existence of favorable transactional each actor with the seller ciu the basis of the relationship is maintained and trading activity ciu maintained until the formation of a social network ties between sellers with actors successors. Position liquor ciu as an alternative has changed society's construction of discourse beverages illegal ciu. Ciu as the embodiment of social class on which they usually pass the lower social classes regarding price increases branded liquor used ordinary people to be able to enjoy the needs and desires will be a force, the lifestyle of modern style. The reciprocal relationship between the seller ciu with its network of actors have a role in protecting and maintaining ciu circulation in the region making the community as a social control is not working and the law does not run, despite being among the news discourse about the dangers of illegal liquor Key Word : The ciu's existence in a region, as liquor ciu alternative, the exchange relationship between the seller ciu with actors
Kata Kunci : Eksistensi ciu disuatu wilayah, ciu sebagai minuman keras alternative pengganti minuman keras bermerek, hubungan pertukaran penjual ciu dengan para aktor.