Laporkan Masalah

Analisis Pengembangan Produk Baru pada CV. Tumutu Pulung Jaya

RIZA MASLAHATI SANTOSO, Nurul Indarti, Sivilekonom, Cand.Me., Ph.D,

2015 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

CV. Tumutu Pulung Jaya, perusahaan ekspor yang bergerak di industri mebel dan kerajinan, awalnya fokus pada pasar Amerika Serikat dan Eropa. Namun, pada tahun 2008 terjadi krisis global yang melanda target pasar. Krisis global ini menyebabkan daya beli masyarakat target pasar menurun sehingga pesanan terhadap barang impor pun ikut menurun. Perubahan kondisi perekenomikan menyebabkan Abdul Kadir sebagai direksi CV. Tumutu Pulung Jaya untuk memindahkan orientasi pasar secara berkala. Perubahan pasar sasaran menuntut perusahaan untuk menyesuaikan dan memperbaharui produknya terus-menerus. Abdul Kadir menyadari pentingnya pengembangan produk baru untuk mempertahankan eksistensi dan sebagai kunci sukses perusahaan. Namun, penerapan pengembangan produk baru membutuhkan biaya besar dan mempunyai resiko yang tinggi untuk gagal. Oleh karena itu, CV. Tumutu Pulung Jaya mengurangi resiko ini dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Reaksi pasar pun sering kali berbeda-beda di setiap uji pasar. Hal ini menjadi menarik bagi peneliti untuk mengkaji lebih dalam mengenai penerapan pengembangan produk di CV Tumutu Pulung Jaya.

CV. Tumutu Pulung Jaya, a designer, manufacturer and exporter of furniture and leather handicraft based in Yogyakarta had a market in the USA and European countries initially. However, as the market had been affected by global crisis, the countries economy started to decline and eroded away purchasing power of the people. Due to the global rapid economic changes, Abdul Kadir as CV. Tumutu Pulung Jaya director changed the market orientation periodically. Shifted market has caused CV. Tumutu Pulung Jaya to adjust and renew its product model through new product development regularly. Abdul Kadir awares the importance of new product development as company survivability and key success factor. However, new product development implementation is costly and has a high possibility to fail. Therefore, CV. Tumutu Pulung Jaya reduces its risk by conducting market research previously. Each research has a different for each test result. This has become interesting to the researcher to deeply scrutize and examine on new product development implementation at CV. Tumutu Pulung Jaya.

Kata Kunci : produk, produk baru, pengembangan produk baru, perpindahan pasar, industri mebel dan kerajinan

  1. S1-2015-297231-bibliography.pdf  
  2. S1-2015-297231-title.pdf