PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PERJANJIAN BAKU REPARASI HANDPHONE DI AMBARRUKMO PLAZA YOGYAKARTA
CINDY NURTIKANA DEWI, Murti Pramuwardani Dewi, S.H., M.Hum
2015 | Skripsi | S1 ILMU HUKUMPengaturan mengenai perlindungan konsumen di Indonesia sendiri diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dasar dalam pembentukan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen adalah untuk meningkatkan martabat dan kesadaran konsumen, dan secara tidak langsung mendorong pelaku usaha dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya dengan penuh rasa tanggung jawab. Konsumen harus menyadari bahwa konsumen memiliki hak yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen sehingga konsumen dapat turut serta melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha maupun pemerintah. Dengan lahirnya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen diharapkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia dapat lebih diperhatikan.Konsumen yang mendapatkan perlindungan salah satunya adalah konsumen pengguna jasa reparasi handphone di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bentuk perlindungan hukum bagi konsumen/pengguna jasa reparasi yang diberikan oleh toko-toko yang ada di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta dalam transaksi reparasi handphone dengan konsumen. Hal ini dilakukan untuk meneliti lebih lanjut pelaku usaha dalam memberikan perlindungan kepada konsumen, pelayanan yang baik dan tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumen apabila terjadi wanprestasi ataupun kerugian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan yuridis-empiris yaitu, penelitian hukum dengan cara pendekatan fakta yang ada kemudian dikaji dan ditelaah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang terkait untuk memecahkan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan cara memadukan data sekunder dengan data primer yang diperoleh di lapangan sehingga yang diteliti awalnya adalah data sekunder yang menggunakan bahan-bahan hukum. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Perjanjian Baku Reparasi
Arrangement on consumer protection in indonesia alone regulated by law no. 8 1999 about consumer protection .A base in the formation of the act of no. 8 1999 about consumer protection is to increase consumer awareness and dignity , and indirectly encouraging business operators in the conduct of business activities with full sense of responsibility .Consumers need to realize that consumers have the right protected by the act of consumer protection so that consumers can participate to monitor government and business operators .With the establishment of the act of no. 8 1999 on the protection of consumers expected efforts to protect indonesian consumers can get more diperhatikan.konsumen consumer protection is one of the cell phone users of a serviceman in yogyakarta ambarrukmo plaza . The purpose of this study is to find and analyze the form of legal protection for consumers / users a serviceman who given by shops that is in ambarrukmo plaza yogyakarta in the transactions of a serviceman a cell phone with consumersThis is done to went further business players to providing protection to consumers good service and responsibilities of business players to consumers if there is any wanprestasi or detrimental. In this research , the use writers yuridis-empiris approach is , research the law by means of the approach of the fact that there is then examined and reviewed by based on legislation related to solve problems .This research done by way of mixing secondary data with the primary data obtained in the field so that the study data were originally secondary use materials law. Keyword : Consumer Protection , Raw Agreement a Serviceman
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Perjanjian Baku Reparasi