Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI MARKETING RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

KUNTI NUR ABIDAH, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, Ph.D

2015 | Tesis | S2 Kesehatan Masyarakat/MMR

Latar belakang: PKU Muhammadiyah Gombong memiliki posisi kuat dalam persaingan perumahsakitan di wilayah kedu bagian selatan hingga wilayah banyumas bagian timur. Keberhasilan PKU Muhammadiyah Gombong ini selain di dukung dengan fasilitas kesehatan yang layak dan pelayanan yang memuaskan juga berusaha untuk memberikan pengetahuan seputar dunia kesehatan bagi masyarakat sekitar. Evaluasi lebih lanjut perumusan strategi marketing di bagian pemasaran rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong mengenai pengembangan program kegiatan bauran pemasaran sebagai indikator kesuksesan kegiatan marketing rumah sakit. Program marketing ini cukup penting dalam upaya peningkatan kualitas komunikasi antara rumah sakit dengan lingkungan sekitar yang berimbas pada peningkatan citra di masyarakat dan menjadi program marketing yang efektif dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien di rumah sakit dan memenangkan persaingan. Tujuan: Mengevaluasi strategi marketing rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.. Hasil: Analisa Marketing Mix digunakan untuk mengevaluasi strategi pemasaran, analisa tersebut dibuat berdasarkan 7 variabel yaitu : Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion), SDM (People), Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process). Pihak manajemen rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong telah menjalankan fungsi marketing dengan baik , diantaranya telah dilaksanakannya rangkaian kegiatan promosi yang melibatkan pasien dan masyarakat langsung untuk berpartisipasi aktif dalam layanan kesehatan. Untuk menunjang peningkatan ketrampilan dan keselamatan kerja seluruh karyawan, rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong juga melakukan berbagai macam pelatihan baik itu yang berhubungan langsung dengan hal medis maupun yang berhubungan dengan non medis. Kesimpulan: Bentuk kerjasama yang dijalankan oleh pihak rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta, turut memperluas jangkauan jaringan kerja layanan kesehatan rumah sakit dalam hal ini penjaringan kunjungan pasien. Kerjasama yang solid antara pihak rumah sakit dan yayasan Muhammadiyah turut serta mempengaruhi percepatan perkembangan rumah sakit.

Background: PKU Muhammadiyah Gombong has a strong position in the competition of hospitalization the region kedu south through the eastern part of the region Banyumas. The success of this other than PKU Muhammadiyah Gombong supported by adequate health facilities and outstanding service also seeks to provide knowledge about the world of public health around. Further evaluation formulation of marketing strategies in the marketing department of PKU Muhammadiyah Hospital Gombong regarding program development activities of the marketing mix as an indicator of the success of the marketing activities of the hospital. The marketing program is quite important in improving the quality of communication between the hospital with the surrounding environment which impact on improving its image in the community and become an effective marketing program to increase the number of patients in hospitals and win the competition. Objective: Evaluate marketing strategies PKU Muhammadiyah Hospital Gombong Method: This study used a qualitative research method. Results: Marketing Mix Analysis is used to evaluate marketing strategies, the analysis made by 7 variables: Product, Place, Price, Promotion, Human Resources (People), Physical Evidence, Process. The hospital management of PKU Muhammadiyah Gombong have good marketing function, such has been the implementation of a series of promotional activities involving patients and direct community to actively participate in health care. To support the upgrading of skills and safety of all employees, hospital PKU Muhammadiyah Gombong also perform a wide range of training either directly related to case-related medical and non-medical. To support the upgrading of skills and safety of all employees, hospital PKU Muhammadiyah Gombong also perform a wide range of training either directly related to case-related medical and non-medical. Conclusion: Forms of cooperation which is run by the hospital PKU Muhammadiyah Gombong with several government and private agencies, also extending the reach of health services network hospital in this networking patient visit. Solid cooperation between the hospital and the foundation of Muhammadiyah participate influence the development of hospital acceleration.

Kata Kunci : Strategi marketing, Pku Muhammadiyah, Pelayanan kesehatan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.