Laporkan Masalah

PENGARUH KELAS PARENTING TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DAN HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SUTARTI, Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG(K), PhD,; dr. Shinta Prawitasari, Sp.OG(K), M.Kes

2015 | Tesis | S2 Kesehatan Masyarakat/KIA

Latar Belakang:Masalah kesehatan utama yang banyak dijumpai di negaranegara berkembang adalah anemia dan hipertensi dalam kehamilan. Kedua masalah utama tersebut menjadi penyebab langsung dan tidak langsung terhadap kematian ibu. Tingginya angka prevalensi dapat disebabkan kurangnya pengetahuan ibu hamil mengenai anemia dan hipertensi dalam kehamilan. Guna meningkatkan pengetahuan ibu hamil dalam pemahaman mengenai anemia dan hipertensi pada kehamilan diperlukan cara pembelajaran yang lebih spesifik dan fokus pada masalah yang terjadi pada ibu hamil, maka diperlukan adanya kelas parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kelas parenting terhadap perubahan pengetahuan pada ibu hamil tentang anemia dan hipertensi pada kehamilan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode: Penelitian ini kuasi eksperimental dengan rancangan sebelum dan sesudah menggunakan satu kelompok. Populasi penelitian ibu hamil mengikuti kelas parenting menderita anemia dan hipertensi pada kehamilan serta bertempat tinggal di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 72. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data melalui analisis univariabel, bivariabel menggunakan Paired T-Test. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan responden terkait anemia dan hipertensi sebelum kelas parenting adalah 10,71±1,86 dan 10,11±1,69 dan setelah kelas parenting adalah 11,53±1,65 dan 12,15±2,19. Kelas parenting meningkatkan pengetahuan terkait anemia dengan p-value: 0,00 dan meningkatkan pengetahuan terkait hipertensi dengan p-value:0,00. Kesimpulan: Kelas parenting efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait anemia dan hipertensi pada kehamilan.

Background: Anemia and hypertension in pregnancy still be serious health problem in many developing country. This problems become direct or indirect caused for maternal mortality. High prevalence of this problems may caused by poor knowledge of pregnant mother related to anemia and hypertension in pregnancy period. Aim to increase knowledge of pregnant mother about anemia and hypertension in pregnancy period needed learning method that specific and focus like parenting class. The objectives in this study are to know the effectiveness of parenting class to increased knowledge of pregnant mother about anemia and hypertension in pregnancy period. Method: This study is quasi experimental with design study one group design before and after. Population in this study are pregnant mother attending class parenting who have anemia and hypertension in pregnancy period and live in Daerah Istimewa Yogyakarta Province. The simple size is 72 respondent with design sampling purposive sampling. Data analysis for bivariable using Paired TTest . Result: mean scores of knowledge about anemia and hypertension before parenting class each are 10,71±1,86 and 10,11±1,69 and after parenting class each are 11,53±1,65 and 12,15±2,19. Class parenting increasing knowledge about anemia with p-value:0,00 and increasing knowledge about hypertension with pvalue: 0,00. Conclusion: parenting class effectively increasing knowledge about anemia and hypertension in pregnancy period of pregnant mother.

Kata Kunci : Kelas Parenting, Anemia dan Hipertensi Kehamilan, Pengetahuan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.