Laporkan Masalah

PERANAN KOMITMEN ORGANISASI DAN ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY TERHADAP INTENSI MENERUSKAN BISNIS KELUARGA

EKA SARI SOEWANDY, Drs. Fathul Himam, M.Psi., M.A., Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Bisnis keluarga merupakan bisnis yang dikelola oleh beberapa anggota keluarga dalam mencapai visi bersama. Suksesi adalah salah satu proses penting dalam keberlanjutan bisnis keluarga. Untuk memastikan lancarnya proses suksesi, diperlukan calon penerus yang memiliki intensi untuk meneruskan bisnis keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan komitmen organisasi dan ESE dalam membentuk intensi individu untuk meneruskan bisnis keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 100 orang calon penerus yang memiliki pengalaman bekerja dalam bisnis keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggnakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Kuesioner terdiri dari kuesioner intensi meneruskan bisnis keluarga, komitmen organisasi, dan entrepreneurial self-efficacy (ESE). Teknik analisis data menggunakan analisa regresi ganda. Hasil uji statistik menemukan bahwa komitmen organisasi dan ESE secara bersama-sama dapat memprediksi intensi meneruskan bisnis keluarga dengan sangat signifikan (F=28,117, Sig. = 0,000) (p<0,05)), dengan demikian hipotesis dapat diterima. ESE diketahui merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap intensi meneruskan bisnis keluarga dalam penelitian ini dengan pengaruh sebesar 33,9%, diikuti dengan komitmen organisasi dengan pengaruh sebesar 2,8%.

Family business is a business managed by several family members to achieve shared vision. Succession is one of critical process in the continuation of family business. To ensure the smoothness of succession process, it is required an offspring who has succession intention. The aim of this research is to test the role of organizational commitment and ESE in forming offspring’s succession intention. This research is a correlational research and the amounts of research’s subjects are 100 successors who have experience in running the family business. Quantitative method was selected to conduct this research using questionnaires as the data collection tools. The questionnaire consisted of offspring’s succession intention, organizational commitment, and entrepreneurial selfefficacy (ESE). Multiple regression analysis technique was used to analyze the data. Result of statistical test suggested that the organizational commitment and ESE can predict the succession intention significantly (β= 0.534, t=6.847, p<0.05), therefore the hypothesis can be accepted. ESE is known as the most influential variable to the offspring’s succession intention in this research with the influence by 33.9%, followed by organizational commitment with the influence by 2.8%.

Kata Kunci : intensi meneruskan bisnis keluarga; komitmen organisasi; entrepreneurial self-efficacy, suksesi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.