PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM KONSTRUKSI CITRA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM KONSTRUKSI CITRA INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN)
NOVI RAHMA ILMIATI, Kuskridho Ambardi, M.A., Ph.D.; Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A.
2015 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiPublic relations sudah banyak dianggap penting bagi organisasi, termasuk perguruan tinggi yang menjual produk intangible menghadapi pasar bebas tahun 2015. Maka dari itu, hal ini akan mengakibatkan semakin banyak persaingan bukan saja dari perguruan tinggi nasional melainkan juga dari internasional yang akan memudahkan masuk ke Indonesia. hal ini membuktikan perlu menonjolkan keunggulan perguruan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kancah regional maupun internasional. Keunggulan dan peningkatan kualitas untuk bersaing dengan dunia internasional tersebut nantinya dapat membentuk citra internasional. Salah satunya Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Universitas dengan basis organisasi keagamaan Muhammadiyah, berusaha meningkatkan mutunya dengan membangun perguruan tinggi berkelas internasional. Penelitian ini membahas peran public relation dalam membangun citra internasional di perguruan tinggi: Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peran public relations yang dijalankan UAD untuk menopang upaya internasionalisasi dalam rangka konstruksi citra internasional? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran public relations di UAD dalam konstruksi citra internasional perguruan tinggi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak UAD antara lain Public Relations universitas dan fakultas, Kantor Urusan Universitas, Kantor Urusan Internasional dan mahasiswa. Peneliti juga melakukan penelaahan terhadap dokumen tertulis dan situssitus internet yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran public relations dalam konstruksi citra internasional di UAD melakukan tiga peran yaitu peran expert prescriber, communication facilitator, dan communication Technician. Dari ketiga peran tersebut public relations UAD cenderung melakukan peran communication technician atau peran dalam tataran teknis. Hasil penelitian ini juga menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peran public relations di UAD. Faktor utamanya berada pada pemahaman rektor UAD terhadap public relations yang berdampak pada seluruh lini organisasi. Hal yang fatal berupa tugas pokok public relations yang tidak sesuai dengan pelaksaaan tugas. Secara lingkup yang lebih luas pelaksanaan peran public relations UAD hanya berada sebagai pendukung proses internasionalisasi melalui publikasi, bukan sebagai pengelolaan citra internasional UAD yang justru dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional dan Rektor.
Organizations is realize that public relations is, especially higher education that sell intangible products. To face the free market in 2015 getting a lot of competition not only from national universities but also from international universities to establish in Indonesia. This is why te university need to increase the quality of university to compete in regional and international level. This excellence and quality improvement is used to compete with the international higher educations, will lead to create international image. The qualifield example is UAD which is Muhammadiyah religious organizations based that take the effort to their excellences by establish world class international. This research discuss about the role of public relations to create the international image in higher education. The research question is how do the role of public relations which run by UAD to support internationalization efforts in the create of the international image? Then, the purpose of this research is to know the role of UAD’s public relations in the establishment of higher education international image. This research is qualitative research and using case study as the method. Data was gathered by interviews with the UAD officers, University Public Relations, Faculty Public Relations, Office of University Affairs, Office of International Affairs and student. Researcher also has reviewed of the written documents and Internet sites related to the research. The results of this research is indicate that the role of public relations in the establisment of the international image in UAD perform three roles. These three role are expert prescriber, communication facilitator, and communication technician. Therefore such as public relations UAD tend to used communication technician or technical level.The results of this research also explain that the factors which affect the implementation public relations roles in UAD. The main factor is to understanding UAD Rector about public relations, which is affected on the entire line of the organization. Unfortunately, there are unappropriate responsibility main task and the uage of implementing the public relations itself. Generally, the implementation of public relations roles in UAD only seen as supported party to the international process by publication.UAD not as the international image management because the responsibility of that taken by Office of International Affairs and Rector.
Kata Kunci : peran public relations, citra internasional, perguruan tinggi