EVALUASI STRATEGI BERSAING PT SILKARGO INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
THEODORUS WIDIATMOKO, Prof. Dr. Goedono, MBA., CMA.
2015 | Tesis | S2 ManajemenPT. SILkargo Indonesia merupakan anak perusahaan Samudera Indonesia Group, yang bergerak di bidang logistics service provider. SILkargo menjadi suatu perusahaan yang berperan sebagai pengelola pergerakan kargo pelanggan mulai dari titik asal barang hingga titik akhir tujuan, yang meliputi berbagai jenis moda transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan strategi yang saat ini ada di SILkargo Indonesia juga memberikan rekomendasi strategi dalam menghadapi persaingan era globalisasi. Penelitian ini diawali dengan mengevaluasi kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Menggunakan matriks External Factor Evaluation (EFE) untuk faktor eksernal, menganalisis faktor internal dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), alternatif strategi yang dapat dilakukan menggunakan matriks Threats-Opportunities-Weakness-Strengths (TOWS), menentukan posisi perusahaan dengan matriks Internal-Eksternal (IE), menganalisis industri dengan menggunakan model Porter's Five Forces, menganalisis keunggulan kompetitif menggunakan matriks Value, Rarity, Imitability, dan Organization (VRIO). Dapat disimpulkan bawa PT SILkargo berada pada kuadran II. jika dipetakan pada matriks internal eksternal (IE) yang menggambarkan bahwa saat ini PT SILkargo berada pada posisi Build and Grow, posisi yang masih kuat, dapat tumbuh, dan dikembangkan lebih lanjut lagi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peningkatan jumlah dan kompetensi sumber daya manusia, antara lain dengan cara memberikan pelatihan internal dan training yang sesuai sehingga kemampuan dari masing-masing karyawan, mengembangkan jaringan dan cabangnya ke daerah Indonesia bagian timur, dan meningkatkan layanan pelanggan dengan berbasis sistem informasi teknologi.
PT. SILkargo Indonesia is a subsidiary of Samudera Indonesia Group, which is engaged in the logistics service providers. SILkargo is a company that acts as the manager of the customer movement of cargo from point of origin to point of final destination, which includes various types of modes of transportation. This study aims to analyze the strengths and weaknesses of the current strategy in SILkargo Indonesia also provide strategy recommendations in the face of globalization. This study begins by evaluating the condition of the internal and external environments. Using External Factor Evaluation Matrix (EFE) for external factors, internal factors analyzed using the Internal Factor Evaluation Matrix (IFE), alternative strategies that can be performed using matrix Threats- Opportunities-Weakness-Strengths (TOWS), determines the position of the company with a matrix of Internal-External (IE), analyze the industry using Porter's Five Forces models, analyze the competitive advantage using a matrix of Value, Rarity, Imitability, and Organization (VRIO). It can be concluded that SILkargo are located at kuadran II, if mapped to the internal matrix external (IE) which illustrates that the current SILkargo are at the Build and Grow, the position is still strong, can grow, and developed further. The study recommends the importance of increasing the number and competence of human resources, among others, by providing internal training and appropriate training so that the ability of each employee, develop networks and branches into the eastern part of Indonesia, and improve customer service with technology-based information systems.
Kata Kunci : Evaluasi Strategi, Strategi Manajemen, Industri logistik, Matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks Threats-Opportunities-Weakness-Strengths (TOWS), Matriks Internal Eksternal, matriks Value, Rarity, I