Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN FULL SERVICE CARRIER DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI GARUDA INDONESIA UNTUK MENCAPAI \"WORLD'S FASTEST-GROWING AVIATION\" DI TAHUN 2025

I WAYAN NARADA A., Drs. Agus Setiawan, M.Soc.Sc., Ph.D

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Keatraktifan bisnis penerbangan menyebabkan persaingan semakin ketat di dalam dan luar negeri sehingga Garuda Indonesia sebagai flag carrier Indonesia harus menjalankan strategi dengan tepat agar dapat menciptakan keunggulan dibanding maskapai lainnya. Berbagai keputusan terkait pengembangan Full Service Carrier dan ekspansi rute guna mencapai Quantum Leap, hingga rencana penggandaan jumlah armada untuk mencapai predikat “World's Fastest-Growing Aviation” di tahun 2025, adalah upaya perusahaan untuk memanfaatkan momentum perkembangan positif dari kondisi industri penerbangan Asia Pasifik. Penelitian ini dilakukan pada Direktorat Layanan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. secara kualitatif (qualitative research) menggunakan desain deskriptif (descriptive study) untuk mendeskripsikan bagaimana perusahaan bereaksi terhadap kondisi industri dan pasar pada saat ini, ditinjau dari berbagai tindakan taktik dan strategik yang dilakukan perusahaan. Pengambilan data dilakukan melalui proses wawancara dan pengumpulan data sekunder dari internal maupun eksternal perusahaan. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan Analisis Driving Forces (PEST), Analisis Key Success Factors, Analisis Value Chain, Analisis Core Competence, dan akhirnya dikaji menggunakan Uniqueness Drivers dari differentiation strategy yang diimplementasikan perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah rincian pengembangan layanan di dalam strategi diferensiasi yang mencakupi keseluruhan proses sejak pre hingga postjourney. Selanjutnya, competitive advantage yang dihasilkan dari berbagai pengembangan layanan tersebut adalah masuknya Garuda Indonesia kedalam aliansi SkyTeam yang memberikan keunggulan dalam segi brand image dan konektivitas rute, serta berbagai keunggulan fasilitas dan knowledge sharing yang memungkinkan pengembangan potensi perusahaan secara maksimal, efektif dan efisien. Pada akhirnya, diidentifikasi bahwa implementasi strategi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia adalah searah dengan visi, misi, dan strategic intent perusahaan di masa depan yang mengejar pertumbuhan bisnis yang pesat menjadi global player di dunia penerbangan internasional.

Attractive condition in airlines business implicates tighter competition in domestic and international flight. This condition causes Garuda Indonesia as Indonesia’s Flag Carrier Airline should implement the correct strategy in order to able to create competitive advantage compared to other airlines. All decisions related to Full Service Carrier development and route expansion to achieve Quantum Leap, and also doubling fleet to attain “World’s Fastest Growing Aviation” predicate in 2025, are company’s effort to exploit positive growth momentum in Asia Pacific’s airlines industry condition. This research was held at Service Directorate, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. as a qualitative research using descriptive study design to describe company’s reaction over current market and industry’s condition, reviewed from company’s tactical and strategic movement. Data mining process was done by interview and secondary data collection from the inside and outside the company. Next, collected data was analysed using Driving Forces (PEST) Analysis, Key Success Factors Analysis, Value Chain Analysis, Core Competence Analysis, and finally overviewed using Uniqueness Drivers of Differentiation Strategy. The result of this research is the detail of service development inside differentiation strategy which covers entire processes from pre until post-journey. Then, this strategy creates competitive advantage by driving Garuda Indonesia into SkyTeam Alliance which gives advantages in brand image, route connectivity, facilities, and knowledge-sharing that allows Garuda Indonesia to fully maximize its potential development effectively and efficiently. Finally, this research identifies that Garuda Indonesia’s strategy implementation is align with its vision, mission, and future strategic intent which aim rapid business growth to be a global player in international airlines business.

Kata Kunci : Differentiation Strategy, Competitive Advantage, Strategic Intent


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.