PENGARUH PERUBAHAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PT BANK BEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK PERIODE 2008-TRIWULAN III 2011
DIAN MURSITOWATI, Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 ManajemenEra persaingan yang semakin ketat mendorong manajemen Bank BNI melakukan upaya perubahan strategi bisnis mengarah pada pencapaian Visi dan Misi yang telah ditetapkan untuk menjadi bank of choice yang unggul, terdepan dan terkemuka dalam layanan dan kinerja Penelitian ini bertujuan membandingkan kinerja Bank BNI antara sebelum dan setelah implementasi strategi bisnis yang baru tersebut serta membandingkan kinerjanya dengan bank yang menjadi peer groupnya meliputi sisi pertumbuhan kredit, pertumbuhan dana, NPL (kualitas asset), ROA (rasio profitability) dan LDR (rasio liquidity). Data yang digunakan adalah laporan keuangan terpublikasikan (triwulanan dan tahunan) PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. untuk tahun laporan periode 2008 sampai dengan triwulan III 2011. Periode sebelum transformasi strategi ditetapkan mulai tahun 2008 sampai dengan triwulan II 2010 dan setelahnya ditetapkan sebagai periode pasca transformasi. Alat uji statistik yang digunakan berupa uji beda dengan program SPSS for Windows versi 17.0. Sebelum dilakukan uji beda, dilakukan terlebih dahulu uji normalitas menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov. Jika data terdistribusi secara normal digunakan uji Independent t-test, sedangkan jika data terdistribusi tidak normal digunakan uji Mann-Whitney U test. Selanjutnya, outstanding kredit, dana, NPL, ROA dan LDR Bank BNI periode sebelum dan setelah transformasi strategi tersebut diperbandingkan dengan bank yang menjadi peer groupnya yaitu Mandiri, BRI, BCA dan Niaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada periode penelitian perubahan strategi bisnis Bank BNI tidak berdampak signifikan terhadap kinerja laju ekspansi kredit dan dana, rasio likuiditas (LDR) dan aset (NPL) namun berdampak pada akselerasi rentabilitas (ROA) Bank BNI. Bank BNI juga masih memerlukan upaya yang lebih keras dan kontinyu untuk mengimbangi kinerja bank yang menjadi peer groupnya. Disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan dengan memperbanyak jumlah variabel yang diuji dan rentang waktu penelitian yang lebih lama terutama setelah transformasi strategi baru sebagai bahan monitoring bagi manajemen guna perkembangan industri perbankan pada umumnya dan Bank BNI khususnya serta akademisi selanjutnya.
In this era of cempetition which is more and more tight, encourage Bank BNI management’s to make changes in bussiness strategics that can leads, to reach their vision and mission which had been appointed to be Bank of choice that superior, advanced and leading ini services and performance. This research intend to compare BNI performance before and after implementation of the new bussiness strategics and also compared the performance between the peer group bank include the growth of lending, funding, NPL (asset quality), ROA ( proftibality ratio) and LDR (liquidity ratio). The data which been used is Audited Report (annually and quaterly) of PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. for period 2008 until 3th quaterly of 2011. The period before strategic of transformation is 2008 until 2nd quarterly of 2010. The period after is become the post transformation. Tool that used for statistic test of the difference test is software SPSS for window version 17.0. Before doing the differences test the data must check with normality test using one sample Kolmogorov Smirnov. If the data is normally distributed then we use Independent t-test, and on the contrary if the data is not normally distributed we used Mann-Whitney U test. Furthermore, the lending outstanding, funding, NPL, LDR and ROA of BNI before and after the strategic transformation is compared with the peer group bank such as Mandiri, BCA, BRI and Niaga. The result of this research shows that in the period of changing of BNI bussiness strategic, didn’t give much effect to the growth of lending and funding, liquidity ratio (LDR) and asset (NPL), but it effect on acceleration of profitability (ROA) of Bank BNI. Bank BNI still needs more efforts and continous to compete the performance with the peer group bank. It is rrecomended to do advanced research with more variable to test and using the wide range of period especially after implementation of the new bussiness strategic transformation as a object of monitoring for management to out growth of perbankan industrial in generally and especially Bank BNI and also the academic in the future.
Kata Kunci : Transformasi Strategi, Bank BNI, Pertumbuhan Kredit, Pertumbuhan Dana, NPL, ROA, LDR