PENGARUH CONSUMER CONFUSION DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE PADA KALANGAN ANAK MUDA
AGUNG GATRA DIARGA, Dr. Shellyana Junaedi, M.Si
2015 | Tesis | S2 ManajemenKemajuan teknologi yang ada saat ini mempengaruhi perkembangan teknologi pada produk smartphone yang beredar di Indonesia. Peminat dan pengguna smartphone di dominasi oleh kalangan anak muda usia 17-26 tahun. Dengan perkembangan yang pesat tidak mudah bagi konsumen untuk membuat keputusan pembelian produk samartphone, hal ini disebabkan karena konsumen dihadapkan dengan banyak alternatif pilihan dan dengan perbedaan antar produk yang relatif kecil. Dengan keadaan demikianlah akan memicu terjadinya consumer confusion. Consumer confusion terbagi kedalam tiga dimensi yaitu similarity, overload dan ambiguity confusion. Ketiga dimansi tersebut menjadi masalah bagi kalangan anak muda sebagai konsumen dan juga bagi pemasar. Oleh karena itu dalam penelitian ini telah dilakukan pengujian pengaruh consumer confusion terhadap word of mouth, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Obyek penelitian ini yaitu produk smartphone, dan sampel penelitian ini melibatkan 258 responden yang termasuk dalam kalangan anak muda berusia 16 sampai 30 yang memiliki pengalaman dalam melakukan pembelian produk smartphone yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji sembilan hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa similarity confusion memiliki dampak negatif terhadap word of mouth, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Overload consfusion memiliki dampak negatif pada kepuasan konsumen, sedangkan ambiguity confusion berdampak negatif terhadap kepercayaan.
The current technology advances has influenced the technological developments in smartphone that has been circulating in Indonesia. The Enthusiasts and the users of smartphone were dominated by young people who are 17-26 years old. in the development of smartphone that has increased is not easy for consumer to make a purchase decision. This is because the consumers were faced with many choices and the differences between the products are relatively small. In such circumstances it would lead into consumer confusion. The consumer confusion is divided into 3 dimensions, similarity, overload and ambiguity confusion. Those there dimensions became a problem for young people as consumers and also for marketers. Therefore in this study has been conducted to test the effect of consumer confusion of word of mouth, trust and customer satisfaction. The object of this study is the product of smartphones, and the study sample involved 258 respondents, they are young people who are 16 to 30 years old who have experience in the purchase of smartphones who live in Yogyakarta and the surrounding areas. Multiple linear regression analysis was used to test the 9 hypothesis that has been defined. This study result indicated the similarity confusion had negative impact on word of mouth, trust, and consumer satisfaction, overload confusion had negative impact on consumer satisfaction, whereas the ambiguity confusion had negative impact on trust.
Kata Kunci : consumer confusion, word of mouth, kepercayaan, kepuasan konsumen, smartphone