FORMULASI STRATEGI BERSAING PT ARTISTIKA PRASETIA DALAM INDUSTRI JASA KONSULTAN NON-KONSTRUKSI
WARDIYONO, S.S, Dr. Tarsisius Hani Handoko, M.B.A.
2014 | Tesis | S2 ManajemenPenulisan thesis ini bertujuan untuk menentukan strategi bersaing PT Artistika Prasetia yang bergerak dalam industri jasa konsultan non konstruksi. Strategi yang ada sekarang bisa membuat perusahaan bertahan tetapi tidak bisa membuka pasar-pasar baru dalam pasar industri. Pembahasan thesis ini diharapkan dapat menemukan faktor sukses kunci industri, keunggulan kompetitif perusahaan serta pemilihan strategi perusahaan dalam persaingan industri dengan memahami faktor eksternal dan internal perusahaan. Data dikumpulkan dari hasil wawancara dan dokumen laporan, melalui analisis 5 kekuatan bersaing Potter, yang menunjukkan bahwa tenaga ahli, pengalaman dan reputasi perusahaan, nilai tambah produk, dan kerjasama mengatasi persaingan menjadi faktor sukses kunci industri. Dengan pendekatan model Resourced Based View, analisis rantai nilai, VRIO, serta visi dan misi perusahaan, faktor internal diidentikasi untuk melihat kekuatan dan kelemahan serta menentukan keunggulan kompetitif yang dimiliki. Mencocokkan faktor sukses kunci dan keunggulan kompetitif akan menghasilkan evaluasi strategi serta memilih strategi alternatif yang ada. Analisis SWOT juga digunakan untuk membantu memberikan gambaran alternatif strategi bisnis perusahaan saat ini. Hasil pembahasan menunjukkan PT Artistika memiliki keunggulan kompetitif yang cocok dengan faktor sukses kunci industri, meski keunggulan kompetitif ini tidak semuanya bersifat permanen. Dalam industri dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi, PT Artistika bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk melakukan diferensiasi produk. Perbaikan internal perusahaan juga harus dilakukan untuk mendukung keberhasilan strategi diferensiasi dengan meningkatkan efesiensi. Pilihan strategi korporasi berupa diversifikasi produk juga bisa dilakukan perusahaan terutama dalam bidang kompter dan sistem informasi untuk masa depan.
The goal of this thesis is to provide PT Artistika Prasetia, a consulting company on non construction consulting service industry, with a competitive strategy. With current strategy the company can exist so far but unable to open a new market and find a new opportunity in this crowded industry. Discussion targeted to provide key success factors, company competitive advantages, and a selection of strategic choices for the company based on external and internal factors matches. Data were gathered from document reports and interviews. Using five forces analysis from Potter, key success factors were determined as experts team, reputation and trust, product added value, and alliance. Based on the result of Resource-Based View approach model, value chain, and VRIO analysis, combined with company vision and mission, internal factors were identified to determine the strength and the weaknesses and understand the competitive advantages posed by the company. Matching the key success factors and the competitive advantages, the company can conclude an evaluation of current strategy, and alternative strategies to win the competition. SWOT analysis also included to provide businesses strategic that can be chosen for other optional strategies. The result shown that the company have competitive advantages that match all key success factors although not all of the advantages are permanent/sustainable. In this heavy competition industry, PT Artistika should utilize product differentiation strategies as an alternative to win the competition. The final result of this strategy also related to improvement of internal production line in the company. Further more, a corporate strategy to have a product diversification strategy especially on computer and information system should be consider as a future solution.
Kata Kunci : Strategi Bersaing, Industri Jasa Konsultan non Konstruksi, Faktor Sukses Kunci, Keunggulan kompetitif, Five Forces Factors, Resource-Based View, PT Artistika Prasetia