PERUMUSAN STRATEGI BERSAING BINUS CENTER CORPORATE TRAINING
OKTA PRIHATMA BAYU PUTRA, Prof. Dr. Goedono, MBA., CMA.
2014 | Tesis | S2 ManajemenSebagai divisi yang baru dibentuk, pihak manajemen BINUS CENTER menargetkan BINUS CENTER Corporate Training dapat menghasilkan revenue yang sama dengan target yang diberikan kepada BINUS CENTER Kedoya pada tahun 2012. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat mengetahui (i) faktor apa saja yang merupakan kelemahan dan kekuatan BINUS CENTER Corporate Training, (ii) faktor apa saja yang menjadi peluang dan hambatan bagi BINUS CENTER Corporate Training dan (iii) strategi apa yang akan dijalankan oleh BINUS CENTER Corporate Training dalam menjalankan bisnisnya. Metode yang digunakan dalah melalui wawancara dengan pihak manajemen BINUS CENTER Head Office. Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah individual depth interview terhadap 7 key person dalam perusahaan tentang faktor internal dan eksternal perusahaan. Setelah melakukan interview terhadap 7 key person BINUS CENTER, tahap selanjutnya adalah berdiskusi untuk menentukan mana saja yang memang merupakan factor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh BINUS CENTER Corporate Training dan mana yang memang merupakan factor eksternal yang berupa peluang dan ancaman bagi BINUS CENTER Corporate Training. Untuk perumusan strategi perusahaan, peneliti mengkaji data internal dan eksternal lalu dengan menggunakan matriks TOWS ditentukan beberapa alternative strategi yang dapat dilakukan. Setelah dihasilkan beberapa alternative strategi dari masing masing strategi SO, strategi WO, strategi ST dan strategi WT dari matriks TOWS maka langkah selanjutnya adalah menentukan strategi yang cocok dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan matriks SPACE. Hasil analisa menunjukkan bahwa kekuatan BINUS CENTER Corporate Training adalah brand name BINUS yang kuat, sumber pengajar yang banyak, materi pembelajaran yang luas, kondisi finansial yang kuat, memiliki lebih dari 35 sekolah binaan dan kelemahan BINUS CENTER Corporate Training adalah, sistem legal yang agak sulit, proses bisnis yang belum mature, kurangnya sumber daya manusi, kurangnya aktifitas marketing, terbatasnya materi yang dikembangkan sendiri oleh BINUS CENTER. Peluang yang dimiliki oleh BINUS CENTER Corporate Training adalah bertambahnya cabang BINUS CENTER di luar kota. diberlakukannya kurikulum 2013, adanya perusahaan yang ber-CSR di bidang pendidikan serta ancaman yang mungkin dihadapi BINUS CENTER Corporate training adalah rencana penerapan professional services oleh BINUS University online tutorial yang semakin banyak di internet semakin perusahanan yang memiliki learning center adanya training provider lain yang lebih “flexibleâ€. Berdasarkan faktor internal dan eksternal yang didapat dibuatlah beberapa alternative strategi yang bisa diterapkan oleh BINUS CENTER Corporate Training. dengan menggunakan matriks SPACE dipilihlah strategi yang cocok untuk diterapkan oleh BINUS CENTER Corporate Training, yaitu strategi SO. Strategi SO ini mencakup mencoba masuk ke pasar sekolah, mencoba untuk lebih gencar mencari informasi mengenai CSR yang dilakukan oleh perusahaan, bekerja sama dengan vendor – vendor terkemuka dalam rangka pengembangan materi pembelajaran, mengusung kampanye sebagai pusat pelatihan yang paling up to date terhadap perkembangan teknologi.
As a newly formed division , the management BINUS BINUS CENTER CENTER Corporate Training targets can generate the same revenue target given to BINUS CENTER Kedoya in 2012. Therefore , this research is done in the hope to know ( i ) what factors are weaknesses and strengths BINUS CENTER Corporate Training , ( ii ) what factors into opportunities and barriers for BINUS CENTER Corporate Training and ( iii ) what strategies will be run by BINUS CENTER Corporate Training in running the business . The method used dalah through interviews with management BINUS CENTER Head Office . Interviews were the primary data collection techniques to obtain data on qualitative methods . Interviews were used in this study is the individual depth interviews with 7 key person in the company on the company's internal and external factors . After conducting interviews with key persons BINUS CENTER 7 , the next step is to determine which discussions are indeed a factor in the form of internal strengths and weaknesses possessed by BINUS CENTER Corporate Training and which is an external factor such as opportunities and threats for BINUS CENTER Corporate Training . For the formulation of corporate strategy, researchers examined the internal and external data using the TOWS matrix determined several alternative strategies to do. Having produced several alternative strategies of each strategy SO, WO strategy, ST strategy and the strategy of WT TOWS matrix then the next step is to determine a strategy that fits with the company's internal and external conditions by using the SPACE matrix. The analysis shows that the power BINUS CENTER Corporate Training is BINUS strong brand name , source of many teachers , learning materials are broad , strong financial condition , has more than 35 partner schools.The weaknesses BINUS CENTER Corporate Training is , the legal system is rather difficult , business processes are not yet mature , human being lack of resources , lack of marketing activities , the limited material developed by BINUS CENTER . Opportunities owned by BINUS CENTER Corporate Training is increasing BINUS CENTER branch outside the city. curriculum enactment in 2013 , the air- CSR companies in the field of education as well as threats that may be faced BINUS CENTER Corporate training is a professional services implementation plan by Binus University online tutorials on the internet is getting more and more perusahanan learning center which has a training provider other more \\" flexible \\". SPACE matrix chosen using a suitable strategy to be applied by BINUS CENTER Corporate Training, the SO strategy. SO strategies include trying to get into the school market, trying to more aggressively seek information about CSR undertaken by the company, working with vendors - the leading vendors in the development of learning materials , training center carrying the campaign as the most up to date on technological development.
Kata Kunci : strategi bersaing, strategi