PENGEMBANGAN PRODUK SHAMPOO EMERON DENGAN METODE QFD
OCTALIANA KARTIKA SALIM, Dr. Adi Djoko Guritno, MSIE.
2014 | Tesis | S2 ManajemenTingkat pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai 1,49% per tahun. Tahun 2013 jumlah penduduk Indonesia diprediksi sebesar 250 juta jiwa yang menjadikan peluang bagi semua industri termasuk industri kosmetik yaitu shampoo. Pertumbuhan produksi shampoo setiap tahunnya sebesar 2%. Pemegang market share untuk shampoo terbesar adalah Unilever disusul P&G dan Lion Wings. Objek penelitian ini adalah shampoo Emeron dari PT Lion Wings. PT Lion Wings telah melakukan pengembangan produk untuk meningkatkan market share perusahaan namun belum dapat terpenuhi. Peneliti akan meneliti pengembangan produk shampoo Emeron untuk meningkatkan kualitas dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh dari konsumen dan tim pengembang dan data sekunder dari data Focus Group Discussion yang merupakan data perusahaan. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan pertimbangan responden yaitu konsumen yang pernah menggunakan shampoo Emeron dan kompetitornya yaitu shampoo Sunsilk dan Pantene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa voice of costumer produk shampoo terdapat 21 atribut shampoo. Shampoo Emeron dibanding Sunsilk dan Pantene memiliki kelebihan di atribut harga namun memiliki kelemahan di atribut merek. Sedangkan voice of engineer untuk menjawab voice of customer adalah penggunaan jenis surfaktan SLES (2) EO dan SLS, perubahan dosis surfaktan, penggunaan polymer n-hance 3299, penggunaan jenis silicone dengan ukuran partikel kurang dari 200 nm, perubahan dosis silicone, penggunaan perfume baru, penggunaan ekstrak baru, mencari material baru yang lebih murah, mengeluarkan varian baru, mengubah warna shampoo, penambahan iklan di TV dan radio, melakukan promosi di majalah remaja, mengadakan acara promosi, menggunakan jasa biro iklan, penggunaan bintang iklan terkenal, mengubah bentuk dan warna botol, dan training personel R&D.
Population growth rate in Indonesia reach 1.49 per year. In 2013 Indonesian population is predicted 250 million people which make opportunity for all industry include cosmetic industries that is, shampoo. Production growth of shampoo per year is 2%. Leader in shampoo are Unilever, P&G, and Lion Wings. This research object is Emeron shampoo from PT Lion Wings. PT Lion Wings have been doing product development to increase market share of company but not yet to be fulfilled. Researcher will study product development of Emeron shampoo to increase the quality by using Quality Function Deployment (QFD) method. The primary data of this study were collected from the customers and development team of PT Lion Wings. The secondary data were collected from Focus Group Discussion data which is data from company. The sampling method used is purposive sampling with consideration, respondents are people who have used Emeron, Sunsilk, and Pantene shampoos. The result of study showed that shampoo’s voice of customer have twenty one attributes. Emeron shampoo compare to Sunsilk and Pantene superior in price attributes and inferior in brand attributes. Whereas shampoo’s voice of enginer to answer voice of customer are use other surfactant, use SLES (2) EO and SLS, change surfactant dosage, use n-hance 3299 polymer, change silicone which have particle size less than 200nm, change silicone dosage, change perfume, change extract, find new cheaper materials, change color of shampoo, adding the advertising at TV and radio, promote at teen magazines, use services advertising agency, use famous artist ambassador, change the shape and color of Emeron shampoo bottle, and training for research and development staff.
Kata Kunci : pengembangan produk, kualitas, shampoo Emeron, dan QFD