Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN PADA NIAT MELANJUTKAN PENGGUNAAN MOBILE DATA INTERNET DI JAKARTA

MARLINA ELISABETH, Yulia Arisnani, MBA.,Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Dunia Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (ICT) memang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Industri telekomunikasi tumbuh pesat dalam 12 tahun terakhir, khususnya pada pengguna mobile data internet. Seiring dengan kebutuhan akan internet maka penting bagi para pelaku industri untuk memahami perilaku konsumen akan kebutuhan mobile data internet ini. Penelitian ini mengkaji pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen pada niat melanjutkan penggunaan mobile data internet. Mobile Data Internet dalam penelitian ini difokuskan pada paket internet di smartphone dan perangkat tablet yang telah banyak digunakan dan menembus tingkat semua masyarakat dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi niat melanjutkan penggunanaan layanan mobile data internet menggunakan model penelitian Hong et al (2008). Model penelitian ini didasari pada perilaku yang menggabungkan faktor-faktor kebutuhan dan motivasi pribadi dalam menggunakan layanan mobile data internet. Model ini telah diuji melalui survei terhadap 200 responden, yaitu pengguna mobile data internet di Jakarta yang telah memiliki pengalaman dengan layanan mobile data internet. Metode analisis data yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Analisa Regresi dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini adalah faktor Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesenangan, Sikap Pengguna, Pengaruh Sosial, Persepsi Mobilitas, Persepsi Nilai Moneter memiliki pengaruh pada Niat Melanjutkan Penggunaan mobile data internet. Sementara faktor Persepsi Kegunaan dan Pengaruh Media hampir tidak memiliki pengaruh pada niat melanjutkan penggunaan mobile data internet.

Information and Communication and Technology (ICT) is connected to human life. The telecommunications industry grew rapidly in the past 12 years, especially on the mobile data internet users. Along with the need for this internet, it is important for the internet industry players to undestand the consumer behavior of mobile data internet. This study examines the influence of consumer behavior on the intention to continue the use of mobile internet data. Mobile Data Internet in this study focused on smartphone and tablet device which has been widely used and penetrate all levels of society in an effort to meet the needs of communication. This study aims to analyze and explain the factors that influence continued usage intention of mobile data internet service use research model from Hong et al (2008), based on behavior by combining the factors that represent the needs and personal motivations in using mobile data internet service. This model was tested through a survey of 200 responden of mobile data internet active users in Jakarta who has experienced in using mobile data internet. Method of data analysis used is Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Regression with the help of software SPSS. The result of this research is the factor of Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, Attitude, Sosial Influence, Perceived Mobility, Perceved Monetary Value have positive influence on the intensity of the continued use of mobile data internet service. While Perceived Usefulness and Media have not influence on the intensity of the continued use of mobile data internet service.

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Mobile Data Internet, Penerimaan Teknologi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.