STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM JUST-IN-TIME DI PT ASTRA HONDA MOTOR DENGAN APLIKASI METODA SWOT
MARGARETTA PUSPASARI, Dr. Adi Djoko Guritno, MSIE.
2014 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian dari tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sistem just-in-time pada PT Astra Honda Motor. Dengan sistem ini, yang diharapkan adalah penyediaan barang yang tepat waktu dan tepat jumlah. Namun dengan situasi dan kondisi yang ada di Indonesia, kendala kemacetan lalu lintas, bahaya banjir dapat menyulitkan terlaksananya sistem ini dengan baik. Karena itu perusahaan perlu mengambil langkah adaptasi untuk mengatasi masalah yang ada. Langkah pertama adalah mencari informasi tentang penerapan sistem just-in-time perusahaan. Yang kedua adalah mengetahui bagaimana penyesuaian yang dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan sistem just-in-time. Lebih jauh lagi, akan melihat potensi pengembangan sistem just-in-time yang telah disesuaikan dari produktivitas perusahaan. Referensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang manajemen operasi, operasi strategis, sistem produksi dan sistem just-in-time itu sendiri. Metode analisa yang digunakan adalah SWOT, untuk melihat faktor internal dan eksternal yang terbagi atas kelemahan dan kekuatan, peluang dan ancaman bagi penerapan sistem just-in-time pada perusahaan. Setelah dianalisa, akan terlihat langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterbatasan sistem just-intime ini dan menentukan langkah strategis untuk pemecahan keterbatasan. Hasil yang didapat dari penelitian ini antara lain adalah penerapan sistem justin- time yang sudah tertata dengan baik, dimana pada sistem tersebut masih dilakukan beberapa langkah penyempurnaan lagi untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi diluar perhitungan. Beberapa hal yang dilakukan sesuai dengan keunggulan perusahaan adalah dengan memperkuat monitoring di setiap level produksi dan mengadakan pelatihan awal bagi setiap operator dengan ketat, membuat lini repair di luar lini produksi normal, dan memonitor supplier dengan laporan berkala. Sementara untuk menghadapi hal-hal yang berasal dari faktor eksternal, perusahaan melakukan langkah penyesuaian dengan menggunakan sistem logistik milkrun, perencaaan pembuatan crossdocking, menerapkan quality built-in system, dan mempunyai kebijakan untuk mempunyai supplier agar tidak bergantung pada satu supplier.
The purpose of this thesis is to studied the execution of just-in-time system in PT Astra Honda Motor. With this system, the company will gain all the benefits in just-in-time system. Nevertheless, some external cause which unpredicted and unmanageable, such as traffic jammed, annual flood disaster can lead to ineffieciency. The company needs to execute some adaptive action to overcome the problems. Initial activities is to gathered information about execution of the system itself in the company. Afterwards, the adaptive action performed by the company will be discussed. Next, improvement for these adaptive action will be suggested. References is based on the theries of operation management, strategic operations, production system, and just-in-time system itself. Using SWOT analysis method, will show strength and weakness of the company, and combine with external and internal factors, to formulate the adaptive actions executed by the company. After analysis, some conclusions are: just-in-time in PT Astra Honda Motor already established and well executed, however, there are adaptive actions performed by the company based on the company’s strengh, and weakness the actions among others are production monitoring, training for early level for operators, creating repair line outside of main production line, and supplier monitoring periodically. To overcome the external and internal factprs, the actions taken are using the milkrun logistic system, crossdocking planning, quality built-in system, and not depending on one supplier for parts used in the production only.
Kata Kunci : just-in-time, manufaktur, milkrun, cross-dock