Laporkan Masalah

STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA BISNIS KULINER STUDI PADA BEBERAPA USAHA KULINER SKALA KECIL DAN MENENGAH DI YOGYAKARTA

AKBAR FAISAL, Sari Sitalaksmi, M. Mgt., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang potensial di Indonesia. Bisnis yang secara mayoritas dikelola dalam skala usaha kecil dan menengah ini, dihadapkan pada isu keberlanjutan usaha, dimana pergantian pemain yang sangat cepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mereka bisa bertahan (survive) sampai sekarang, dengan melihat strategi bisnis dan strategi SDM apa yang mereka lakukan, dan apakah ada keterkaitan antara strategi bisnis dan strategi SDM tersebut. Penelitian kualitatif ini, menggunakan studi kasus pada 10 bisnis kuliner dengan usia usaha lebih dari dua tahun. Wawancara secara mendalam (in-depthinterview) dilakukan untuk mengeksplorasi strategi bisnis, strategi SDM yang dilakukan pada saat ini dan keterkaitan diantara keduanya. Selain itu, kuisioner juga dibagikan kepada masing-masing bisnis untuk mengkonfirmasi informasi yang diperoleh. Hasil menunjukkan bahwa secara mayoritas, para pelaku bisnis kuliner UKM dalam penelitian ini melakukan strategi bisnis bertahan (defender) dan strategi SDM penganalisa. Untuk keterkaitan strategi, secara mayoritas praktik strategi bisnis dan strategi SDM mereka memiliki keterkaitan kuat.

Culinary business is one of the potential businesses in Indonesia which is majority managed in small and medium enterprises. It is dealt with the issues of enterprises sustainability where the player substitution is very fast. The aims of this research are to find out how the enterprises could survive until now, by exploring the business strategy and what kind of human resources strategy do, and also to find out whether there is a linkage between its business strategy and its human resources strategy. This qualitative research used case study in over two years’ ten culinary businesses. In-depth-interview was conducted to explore the ongoing business and human resources strategy, and the linkage between both of them. Moreover, questionnaire was also given to each enterprise to confirm the obtained information. The results showed that in majority, the culinary business of SME apply defender business strategy and analyzer human resources strategy. For alignment strategy, most of businesses have a tight alignment in business strategy and human resources strategy.

Kata Kunci : Bisnis Kuliner, UKM, Strategi Bisnis, Strategi SDM, Keterkaitan Strategi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.