Laporkan Masalah

PETA STRATEGI BISNIS PT ABC: APLIKASI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

AGUNG WAHONO, Dr. Tarsisius Hani Handoko, M.B.A.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

PT. ABC adalah perusahaan manufaktur dalam bidang industri botol kaca untuk kemasan produk-produk makanan, minuman, obat-obatan dan sebagainya. PT ABC beroperasi di Malaysia dan merupakan bagian dari sebuah group perusahaan botol kaca terbesar di dunia. Kompetisi memperebutkan pasar semakin ketat, karena persaingan juga datang dari industri kemasan lainnya, misalnya logam (kaleng) dan fleksibel packaging termasuk kertas, plastik dan alumunium yang saat ini banyak dipakai sebagai wadah makanan dan minuman. Hal ini diperberat dengan masuknya produk-produk impor dari Cina, India, Indonesia dan Thailand. Untuk.mengevaluasi keefektifan strategi bisnis PT ABC dalam memenangkan persaingan di era kompetisi global saat ini, maka kajian analisis deskriptif ini berjudul “Peta Strategi Bisnis PT ABC: Aplikasi Pendekatan Balanced Scorecard (BSC)”. Peta Strategi (Strategy Map) digunakan untuk mengetahui pertalian dan hubungan sebab akibat, serta keselarasan misi, visi dan strategi bisnis PT ABC. Sasaran utama PT ABC adalah meningkatkan nilai pengembalian dan keuntungan bagi para pemegang saham secara jangka panjang dengan delapan tema strategi kunci. Tema-tema strategi tersebut dapat dikelompokkan dalam empat perpektif utama sesuai pendekatan BSC, yaitu perspetif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Kaitan di antara masing-masing sasaran strategi dan hubungan sebab akibatnya dapat ditunjukkan melalui petastrategi agar mampu dipahami oleh semua unsur organisasi perusahaan sehingga tercipta sinergi dan keseimbangan dalam upaya mencapai tujuan utama perusahaan. Untuk melakukan kontrol dan evaluasi terhadap kinerja, maka ditetapkan target dan unit pengukuran sebagai dasar penilaian dan pengendalian (Key Performance Indicators). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pertalian serta keselarasan misi, visi dan strategi sudah berjalan baik. Hasil keseluruhan pencapaian KPI pada tahun 2013 menunjukkan bahwa semua perspektif secara umum lebih baik dibandingkan tahun 2012. Hal utama yang harus menjadi perhatian adalah peningkatan sisi produktivitas lebih menonjol dibandingkan kinerja pertumbuhan. Nilai kenaikan keuntungan lebih dipengaruhi oleh kenaikan tingkat laba (profit margin) dan efisiensi, tetapi belum dibarengi dengan laju peningkatan pertumbuhan volume penjualan yang memadai. Penajaman strategi pertumbuhan untuk peningkatan penjualan, pengembangan produk dan pemasaran harus menjadi perhatian serius top manajemen agar daya saing tetap kuat dengan harga yang kompetitif sehingga tercapai keuntungan yang berkelanjutan.

PT. ABC is a glass bottles manufacturing company for packaging industry of many kinds of products i.e. food, beverages, pharmacy and so on. PT ABC is part of a group of world's largest glass bottle manufacturers which operates in Malaysia. Nowadays to increase market share is highly competitive, as competition is also coming from other packaging industries, such as metal (cans) and flexible packaging including paper, plastic and aluminum that are widely used for food and beverage containers currently. This is exacerbated by the influx of imported products from China, India, Indonesia and Thailand. The descriptive analysis study of \\"Business Strategy Map of PT ABC: Applications of Balanced Scorecard Approach\\" is to evaluate effectiveness of PT ABC's business strategy for winning the competition in current global competition. Strategy Map is also used to know the linkage and causal relationships, as well as the alignment of mission, vision and business strategy of PT ABC. The main target is to increase the value of PT ABC i.e. returns and profits for our shareholders over the long term with eight key strategic themes. The themes can be grouped into four main perspectives referring to BSC approach, namely financial perspectives, customer, internal business processes, as well as learning and growth. Linkages among each strategic targets and causal relationships can be demonstrated via strategy-map to be understood by all elements of the company's organization in order to create synergy and balance to achieve the main goal of the company. Establish a target, basic unit of measurement and key-performance-indicators to monitor, control and evaluate of the performance, Based on the results of the research conducted, linkage and alignment of mission, vision and strategy has been running well. The overall result of KPI achievement in 2013 showed that all perspectives are generally good and better compared with year of 2012. The main issue that should be of high concern is the increase in productivity is more prominent rather than the growth performance. The profit value increase more generated by the increase of profit margin and operational efficiency, rather than the increase of sales volume. Sharpening strategies for increasing sales growth, product development and marketing should be a serious concern of top management in order to remain strong competitiveness at a competitive price in order to achieve sustainable profits

Kata Kunci : Peta Strategi Perusahaan Manufakturing, Balanced Scorecard, BSC, KPI


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.