Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS HOTEL SYARIAH STUDI PADA HOTEL SOFYAN BETAWI JAKARTA

PATRIOT NUSA, Yulia Arisnani, MBA.,Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Semakin banyaknya persaingan di Industri hotel, maka setiap hotel harus mampu memberikan layanan yang sesuai dengan keinginan konsumen agar mendapatkan perhatian konsumen dan memenangkan persaingan di industri tersebut. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layananan yaitu kualitas interaksi, kualitas fisik, dan kualitas hasil serta penerapan prinsip syariah terhadap kepuasan konsumen. serta di dalam penelitian ini juga untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas layanan konsumen berpengaruh kepada loyalitas konsumen Hotel Sofyan Betawi serta bagaimana persepsis hotel syariah menurut responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan 100 data responden yang pernah menginap di Hotel Sofyan Betawi yang dilakukan dari tanggal 21 Februari hingga 14 Maret 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas interaksi, kualitas hasil, penerapan prinsip syariah berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 4 dimensi kualitas layanan dan prinsip syariah secara serempak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial kualitas fisik tidak berpengaruh positif signifikan pada kepuasan konsumen.

In dealing with increasingly fierce competition in hotel industry, every hotel should be able to provide service in accordance with the customer desires in order to win the competition. The aim of this research is to identify the influence of service quality which consist of interaction quality, environtment quality, outcome quality, and sharia principles toward costumers satisfaction, and to identify the influence of costumer satisfaction toward costumers loyalty in Hotel Sofyan Betawi sharia hotels. The methode of analysis employed are multiple regression and simple linier regression. This study uses 100 data respondents who have stayed at Hotel Sofyan Betawi. Result of research show that interaction quality, outcome quality, and sharia principles have a significant positive influence on costumers satisfaction and the costumers satisfaction has a significant positive influence on costumers loyalty. The conclusion of this study is that 4 dimensions consisting of interaction quality, environtment quality, outcome quality, and sharia principles are very significant simultaneously have influence of costumers satisfaction. Partially environtment quality have no significant influence on costumers satisfaction. The respondents gave the positive feedback about Sharia hotel and indicating that our guest understand the benefit of Sharia hotel on the environment and show confidence in using Sharia hotel.

Kata Kunci : Semakin banyaknya persaingan di Industri hotel, maka setiap hotel harus mampu memberikan layanan yang sesuai dengan keinginan konsumen agar mendapatkan perhatian konsumen dan memenangkan persaingan di industri tersebut. Penelitian ini mencoba untuk menget


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.