ANALISIS STRATEGI BERSAING PRODUK TABUNGAN BNI TAPLUS BISNIS STUDI PADA BANK BNI
EDWIN YUNANTO, Dr. Fahmy Radhi, MBA.
2014 | Tesis | S2 ManajemenPT. BNI merupakan salah satu bank BUMN terbesar yang telah membuktikan tetap dapat bertahan sejak tahun 1946 dalam perbankan di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, perusahaan berusaha untuk mendapatkan market share yang lebih besar pada industri perbankan pada umumnya dan produk tabungan pada khususnya dengan berusaha untuk bersaing langsung dengan para pemain diatas BNI seperti Mandiri, BRI, BCA dan menengah seperti Niaga, Danamon dll, dengan meningkatkan strategi pada produk tabungan terutama pada produk tabungan BNI Taplus Bisnis yang mempunyai potensi sangat besar terutama di negara seperti Indonesia yang perkembangan bisnisnya saat ini tumbuh cukup pesat. Analisis yang dilakukan terhadap produk BNI Taplus Bisnis adalah dengan menggunakan analisis lima kekuatan bersaing (Porter’s Five Forces Analysis), analisa swot dan Analisis Product Life Cycles (Daur Hidup Produk). Dari hasil analisis tersebut didapatkan informasi bahwa pendatang baru dapat menjadi ancaman serius bagi produk BNI Taplus Bisnis, ancaman produk pengganti dapat terjadi dari internal produk yang ada seperti Giro apabila adanya peningkatan fitur, kekuatan tawar-menawar nasabah relatif tinggi terhadap produk BNI Taplus Bisnis, kekuatan tawar-menawar pemasok relatif bukan suatu kendala yang serius bagi pengembangan produk BNI Taplus Bisnis ke depan serta tingkat persaingan di antara pesaing yang ada untuk produk-produk tabungan bisnis dapat menjadi ancaman yang serius bagi produk BNI Taplus Bisnis, analisis SWOT terlihat bahwa posisi persaingan perusahaan terletak di kuadran I yang menunjukkan bahwa BNI Taplus Bisnis memiliki kekuatan yang besar dengan peluang bisnis yang besar pula dan dari analisis Product Life Cycles BNI Taplus Bisnis berada pada fase pertumbuhan tepatnya pada kelompok rapid growth. Rekomendasi yang disarankan penulis adalah dengan melakukan strategi diferensiasi sehingga produk menjadi lebih unik dibandingkan dengan kompetitor, meningkatkan program sales dan marketing dengan beberapa model akuisisi yang lebih berbasis komunitas dan program bundling. Disamping itu untuk lebih meningkatkan posisi BNI dalam persaingan bisnis tabungan bisnis maka diperlukan penelitian tambahan yaitu penelitian tentang needs, wants and expectations nasabah maupun calon nasabah dan reorganisasi yang lebih menitikberatkan pada customer centricity.
PT . BNI is one of the largest state-owned bank that has proved able to withstand constant since 1946 in banking in Indonesia . In line with business growth , the company trying to get a bigger market share in the banking industry in general and savings products in particular , to try to compete directly with the players on BNI as Mandiri , BRI, BCA and secondary layers as Niaga, Danamon etc. , to improve strategies on savings products , especially on savings products Taplus Bisnis BNI has enormous potential , particularly in countries such as Indonesia is currently growing its business evolves rapidly. Analysis performed on the product BNI Taplus Bisnis is the analysis of five competitive force ( Porter 's Five Forces Analysis ) , SWOT analysis and Analysis of Product Life Cycles ( Product Life Cycle ) . From the analysis of the available information that newcomers can be a serious threat for Taplus Bisnis BNI products , threat of substitute products can occur from internal products such as the Giro when the feature improvements , customer bargaining power is high relative to the product BNI Taplus Bisnis , strength suppliers relative bargaining is not a serious obstacle to the development of products BNI Taplus Bisnis ahead and level of competition between existing competitors for savings products business can be a serious threat for the product BNI Taplus Bisnis , SWOT analysis can be seen that the position of the enterprise competition located in quadrant I which indicates that BNI Taplus Bisnis has great power with great business opportunities are and the analysis of Product Life Cycles Taplus BNI Bisnis is at the phase of rapid growth in the group of growth precisely . Recommendations proposed by the authors are pursuing a strategy of product differentiation to be more unique compared to competitors , improve sales and marketing programs with several models of the acquisition of a more communitybased programs and bundling . In addition to further enhance its position in the competition BNI business business savings the additional research that is needed scrutiny of the needs , wants and expectations customer or prospective customer and reorganization that more emphasis on customer centricity.
Kata Kunci : Porter’s Five Forces Analysis, SWOT, Product Life Cycle, diferensiasi