Laporkan Masalah

MARKETING PLAN PRODUK BISKUIT IBU HAMIL DAN MENYUSUI UNTUK PASAR INDONESIA

DJOHAN, Dr. Ike Janita Dewi, MBA.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Peningkatan taraf hidup dan tingkat pendidikan di Indonesia, membuat masyarakat semakin menyadari pentingnya asupan gizi dalam makanan sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan kesehatan, kecerdasan, maupun kekuatan tubuh. Isu kesehatan dan pola hidup yang sehat juga menjadi hal yang signifikan bagi wanita hamil dan menyusui, karena masa-masa kehamilan dan menyusui merupakan masa yang penting dalam perkembangan janin/bayi. Produk-produk makanan sehat yang menunjang kebutuhan wanita hamil dan menyusui baru sebatas susu dan vitamin, dimana fungsinya adalah sebagai suplemen. Oleh karena itu, terdapat peluang bisnis dalam industri ini dengan menawarkan produk biskuit yang berfungsi sebagai makanan yang sehat bagi wanita hamil dan menyusui. Produk biskuit tersebut belum ada di pasar Indonesia dan belum ada produsen biskuit yang menggeluti segmen ini. Hal ini merupakan peluang bisnis yang cukup besar dan memiliki keunggulan sebagai first mover dalam bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perencanaan dalam menciptakan, menjual dan memasarkan biskuit untuk ibu hamil dan menyusui. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui observasi, in depth interview dan penyebaran kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa produk biskuit untuk ibu hamil dan menyusui yang akan dikembangkan dipersepsikan positif dan dapat diterima oleh responden. Pada tahap awal, produk akan dipasarkan di modern channel Pulau Jawa dan Bali, kemudian dipasarkan secara nasional. Target pasar produk adalah ibu hamil dan menyusui dengan tingkat pendidikan SMA ke atas dan memiliki SES A,B, dan C1. Dengan positioning for your active life, konsumen yang dituju merupakan pribadi yang modern, smart, dan aktif. Produk biskuit ini akan diberi merek Previma dengan benefit tambahan nutrisi yaitu DHA, asam folat, zat besi, vitamin A dan C. Previma akan hadir dalam rasa coklat dan vanilla, dengan 2 bentuk kemasan yaitu kemasan besar isi 24 keping (harga kosumen Rp 19.750,-) dan kemasan kecil isi 4 keping (harga konsumen Rp 3.700,-). Strategi promosi yang digunakan adalah strategi ofensif, dengan berfokus pada aktivitas below the line yang intensif yaitu berupa sampling produk ke target market di outlet modern channel dan Rumah Sakit.

The improvement of the Indonesian living standard and education makes people more aware of the importance of the nutrient intake in their everyday meals. This will enhance people’s health, intelligence, as well as their phisical strength. Health issues and healthy lifestyle also become more and more significant to the pregnant and breastfeeding women since pregnancy and breastfeeding periods are critical periods for fetus devlopment. The only healthy food products that support the needs of pregnant and breastfeeding women are currently still limited to milk and vitamin as suplements. Therefore, there is an opportunity in this industry by offering a biscuit product as a healthy food to the pregnant and breasfeeding women. This type of a product is not available yet on the Indonesian market, and there is no single company that serves this segment. This is truly a good opportunity to be the pioneer in this business. This study aims to create a plan to launch, sell, and market biscuits for pregnant and breastfeeding women. The approach to this study was done through observation, in depth interview and questionnaires. The result of this study showed that this biscuit for pregnant and breastfeeding women were positively perceived and acceptable by the consumers. In the initial stage, the product will be markewted through modern channel in Java and Bali. From Java and Bali, the product will next be marketed nationwide. The target market of this product is pregnant and breastfeeding women with the education level above high school and Socioeconomic Status or SES of A, B, and C1. With it’s positioning of for your active life, the targeted consumers are those who are modern, smart, and active. The brand of this product will be Previma with additional nutritional benefit as follows: DHA, Folic Acid, Iron, Vitamin A and C. Previma will be available in chocolate and vanilla flavors, and will come in two different pack sizes. The large pack contains 24 pcs. (consumer’s buying price of Rp. 19.750,-), and the small pack contains 4 pcs. (consumer’s buying price of Rp. 3.700,-). The promotion strategy that will be used is offensive strategy by focusing on the activity below the line in the form of an intensive product sampling to the target market in modern channel outlets and hospitals.

Kata Kunci : pemasaran, biskuit, kesehatan, ibu hamil, menyusui, suplemen


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.