Laporkan Masalah

ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN: JSebuah studi pada PT Papertech Indonesia

ARIYANTI WIDHYASTUTI, Dr. Fahmy Radhi, MBA.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Persaingan di Industri paperboard dengan spesifikasi Chipboard paper semakin ketat, strategi untuk mempertahankan konsumen pun menjadi hal yang paling penting yang harus dilakukan perusahaan. Agar mampu bersaing manajemen PT Papertech Indonesia harus membuat strategi yang dapat diimplementasikan secara menyeluruh di semua bagian dan menciptakan keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan kompetitif yang dimiliki PT. Papertech Indonesia saat ini, apakah masih efektif dalam menghadapi persaingan. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kualitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis SWOT dan five forces. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis kekuatan,kelemahan, peluang, dan tantangan perusahaan dalam menghadapi persaingan, sedangkan analisis five forces digunakan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang atau ancaman, serta mengidentifikasi key-success factor yang dimiliki PT. Papertech Indonesia dalam menghadapi persaingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Papertech Indonesia memiliki keunggulan kompetitif pada produknya, yaitu kertas chipboard high grade single layer dan hingga saat ini keunggulan kompetitif ini masih efektif dalam menghadapi persaingan karena belum ada pesaing yang meniru dan PT. Papertech Indonesia telah berhasil menciptakan brand image sebagai produsen kertas chipboard yang memiliki kualitas baik dan stabil serta memberikan layanan purna jual yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Key success factor dalam industri paperboard khususnya kertas jenis chipboard high grade adalah: Kualitas dan keunikan produk, loyalitas dan kepuasan konsumen, ketersedian bahan baku, harga yang kompetitif, kemampuan teknik dan manufaktur yang tinggi, ketersediaan dana bila diperlukan. Namun untuk menjadi market leader PT. Papertech Indonesia perlu untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan sambil terus melakukan pengembangan baik dari sisi produk baru maupun diversifikasi grade, ekspansi pasar internasional dengan lebih agresif, mengganti sistem informasi yang lama yang masih manual dengan system “SAP” yang lebih terintegrasi antar departemen, mempertimbangkan melakukan keputusan investasi dengan menambah line produksi dan perluasan areal pabrik.

Competition in paperboard industry with specification of chipboard paper is becoming tight. Strategy in retaining the customers becomes the most important thing to do for the company. In order to compete, the management of PT Papertech Indonesia has to create a strategy that can be implemented thoroughly in all departments and create competitive advantages. This study aims to analyze the competitive advantages held by PT Papertech Indonesia today, whether it is still effective in facing the competition. The method used in this study is descriptive qualitative using SWOT and Five Forces analysis tools. SWOT analysis is used to analyze the strengths, weakness, opportunities, and challenges the company faces, while the five forces analysis is used to analyze and determine any external factors become opportunities and threats, and identify key success factors owned by PT Papertech Indonesia in facing the competion. The results of this study indicate that PT Papertech Indonesia has the competitive advantages in its products, i.e. high grade single layer chipboard paper, and to this day it is still an effective competitive advantages in facing the competition because there is no competitor that produces. PT Papertech Indonesia has succeeded in creating a brand image as chipboard paper manufacturer that has a good and stable quality, and the company also provides after sales service to meet the costumers‟ need. Key success factors in paperboard industry, especially high-grade chipboard paper type are: the quality and uniqueness of the product, loyalty and customer satisfaction, availability of raw materials, competitive price, high engineering and manufacturing capabilities, and availability of funds when needed. To be a market leader, PT Papertech Indonesia needs to maintain a competitive advantages and continue to develop new products with grade diversification, expansion of international market aggressively, replacing the old and manual information systems with inter integrated department „SAP‟ system, consider to invest by increasing production line, and plant expansion.

Kata Kunci : industri paperboard, kertas chipboard high grade, keunggulan kompetitif, manajemen stratejik, SWOT, five force dan key success factors


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.