Laporkan Masalah

ANALISA STRATEGI BERSAING YANG BERKELANJUTAN PT MEADJOHNSON INDONESIA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI SUSU KELAS PREMIUM DI INDONESIA

RYAN JATI ASMORO, Dr. Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Persaingan merupakan tantangan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usaha dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Persaingan muncul karena perkembangan dunia bisnis dan perubahan lingkungan yang terus terjadi.PT. Mead Johnson Indonesia berusaha untuk terus berkembang dalam persaingan bisnis industri susu kelas premium di Indonesia. Tujuan perusahaan dapat dicapai apabila perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang tepat dan sesuai dengan karakteristik produk dan target pasar. Perusahaan harus berupaya untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumen.Bahkan perusahaan harus mengikuti arus perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen yang semakin tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menjadi penyebab tingkat pangsa pasar susu premium di PT. Mead Johnson Indonesia tidak tumbuh dalam dua tahun terakhir (2011- Maret 2013) dan menganalisis strategi yang seharusnya diterapkan oleh PT. Mead Johnson Indonesia untuk meningkatkan marker share perusahaan. Data dalam penelitian ini dianalisa secara kualitatif, yaitu data sekunder yang berupa teori dari berbagai literatur, serta data primer yang diperoleh dari wawancara kemudian dianalisis menggunakan lima kekuatan bersaing, analisis rantai nilai, dan VRIO sehingga didapat stategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Mead Johnson Indonesia. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimbulan bahwa PT. Mead Johnson Indonesia telah membuktikan dapat bersaing dengan perusahaan pesaing pada segmen susu kelas super premium. Perusahaan berusaha untuk mendapatkan kue yang lebih besar pada industri susu super premium dengan berusaha bersaing secara langsung dengan memasuki strategi grup susu super premium dan bersaing dengan pemain besar lainnya. Strategi yang digunakan adalah focus on execution yang mana seluruh tim fokus kepada pelaksanaan arahan dari tim marketing agar hasilnya maksimal. A.R.E model yaitu Acquisition, Retention, dan Expantion dilakukan agar konsumen loyal terhadap produk dari PT. Mead Johnson Indonesia.

Competition is a challenge that must be faced by every firm in maintaining business continuity in an effort to maintain survival of the company. Competition arises because the development of the business and environmental changes that continue to occur. PT. Mead Johnson Indonesias strive to continue to grow in the competitive business. The company’s goal can be achived if the company’s competitive advantage can be appropriately and in accordance with the characteristics of the product and the target market. Companies should strive to provide the best products and services for consumers. Even companies have to follow current developments in technology and the demands of consumers who are increasingly high. The purpose of this research is to identify what factors to cause the level of the premium milk market share in PT Mead Johnson Indonesia did not grow in the past two years (2011-March 2013) and analyze the strategies that should be applied by PT. Mead Johnson Indonesia to boost the company's market share. The data in this study analyzed qualitatively, the secondary data in the form of theory, the definition, and substance of the literature, as well as primary data collected from the interviews was analyzed using the five forces analysis, value chain analysis, and VRIO are applied by PT. Mead Johnson Indonesia. Based on the results of the analysis, the conclusion that PT. Mead Johnson Indonesia has proved it can compete with the company's competitors in the segment of milk super premium class. The company is trying to get the larger cake on the dairy industry super premium by trying to compete directly with the Group's strategy of entering the milk super premium and compete with other great players. The strategy used is a focus on execution in which the entire team focusing on the implementation of the directives of the marketing team for maximum results. A.R.E model (Acquisition, Retention, and Expantion) applied that consumers are loyal to using product of PT. Mead Johnson Indonesia.

Kata Kunci : Analisis Lima Kekuatan Bersaing, Analisis Rantai Nilai, VRIO


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.