EVALUASI STRATEGI BISNIS PT PERTAMINA RETAIL
RUDANG MAYANG PINEM, Prof. Dr. Bambang Riyanto L.S., MBA., CMA.
2014 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis dan pencarian produk/jasa alternatif yang mungkin dapat dikembangkan oleh PT. Pertamina Retail dengan mengaitkan dengan kondisi industri BBM Retail di Indonesia saat ini. Jenis penelitian adalah studi kasus yang bersifat kualitatif pada PT. Pertamina Retail. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara narasumber, dokumentasi dan observasi. Data sekunder diperoleh dari laporan manajemen yang diterbitkan oleh PT. Pertamina Retail, majalah, dan website. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan dua jenis analisis yaitu analisis lingkungan eksternal yang akan memberikan gambaran mengenai peta persaingan industri BBM Retail di Indonesia dan analisis internal terkait dengan analisis kekuatan sumberdaya dan kemampuan perusahaan dengan menganalisis aspek pemasaran, keuangan, operasional dan aspek SDM. Adapun alat analisis eksternal yang digunakan adalah analisis karakteristik industri, five competitive forces, analisis driving forces, dan analisis key success factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang digunakan PT. Pertamina Retail berfokus pada peningkatan service level dan cost efficiency. Dengan pengalaman dan kompetensi dari PT. Pertamina Retail memanfaatkan kekuatan sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang memiliki kesempatan untuk memperluas lini bisnis dengan melakukan investasi bisnis non fuel retail, investasi SPBU, memaksimalkan marketing intelligence pada industri BBM Retail serta memperkuat image dengan komunikasi yang efektif serta meningkatkan service quality dari SDM-nya.
The objective of this research is to evaluate the business strategy and in search of new products/services alternative that PT. Pertamina Retail may develop in the future and relate it with fuel retail condition in Indonesia at present. The research type is a study case with qualitative method PT. Pertamina Retail. The data used in this research are Primary and Secondary data. Primary data are obtained by interviews, documentations,and observations. Secondary data are from management report published by PT. Pertamina Retail, magazines, website. In this research, researcher did two kinds of analysis, External environment analysis to describe the mapping of retail fuel competition in Indonesia and Internal analysis related with company’s resource and power by analyzing marketing, finance, operational and human resources. External analyses used are industry character analysis, five competitive forces, analysis driving forces, and key success factor analysis. Research shows that the business strategy used by PT. Pertamina Retail focused on increasing service level and competence, PT. Pertamina Retail use the PT Pertamina (Persero) power that have more opportunity to expand their line of business by doing non fuel retail investment, fuel station investment, maximizing marketing intelligence on fuel retail, and enhance image with effective communication and increasing quality service from its human resources.
Kata Kunci : Analisis karakteristik industri, Analisis five competitive forces, analisis driving forces, analisis key success factor, analisis aspek pemasaran, keuangan, operasional dan SDM