Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS KARTU KREDIT STUDI PADA BANK X KCU PALMERAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

RA. ANASTASIA WAHYUNINGSIH, Ely Susanto, SIP, MBA, Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, mendorong pesatnya perkembangan di dunia industri yang mengakibatkan persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Tuntutan para konsumen terhadap jasa atau produk yang ditawarkan semakin besar setiap harinya. Selain itu, berkembangnya kebijakan setiap perusahaan menuntut para pembuat produk dan jasa harus lebih fleksibel dalam memproduksi produk maupun jasa perusahaan. Perkembangan bisnis kartu kredit di dunia perbankan Indonesia saat ini sangatlah ketat. Persaingan antar bank yang meluncurkan kartu kredit juga semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal di bank X saat ini untuk dapat mempertahankan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada dalam menghadapi persaingan bisnis kartu kredit dan memberikan alternatif strategi bersaing yang tepat. Faktor-faktor internal dinilai dari segi operation, penjualan dan pemasarn, distribusi, pelayanan, teknologi, produk R&D, sumber daya manusia, dan administrasi. Sedangkan untuk faktor-faktor eksternal dinilai dari segi politik/regulator dan kebijakan, pertumbuhan ekonomi, sosial/gaya hidup, dan kecanggihan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif, melalui wawancara, observasi lapangan, FGD dan studi pustaka. Penelitian menunjukkan bahwa bisnis unit kartu kredit dapat menerapkan strategi fokus diferensiasi dengan cara fokus untuk melayani kebutuhan pelanggan dalam pasar tertentu, yakni diferensiasi produk, dan meningkatkan pelayanan karena memiliki keunggulan jasa service termasuk layanan purna jual yang berkualitas baik sebagai pembeda dari competitor. Penggunaan strategi alternatif lainnya yang ditemukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan pasar dengan memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pengembangan sales dan marketing, dan melakukan promosi-promosi dengan berani menawarkan suku bunga yang bersaing dengan pesaing.

The development of increasingly rapid technological encourage business competition is getting tougher. Consumers demand towards services and products quality has grown larger each day. The development of credit card business in Indonesia's banking industry today too exagarating fast. The competition among credit card providers has become more intense than ever. The purpose of this research used to analyse internal and external factors in Bank X that contribute to its ability to maintain its strength, to utilise every opportunity in the credit card business, and to provide alternative strategy to face the competition. Internal factors include business operations, product sales and marketing, distribution, consumers service, technology, research and development, human resources, and administration. While the external factors include government regulations and policy, economic growth, social/lifestyle, and technology advancement. This research used qualitative and descriptive analysis method, by means of interviews, field observations, forum group discussion, and literature study. This research had shown that credit card business unit in Bank X had implemented focus differentiation strategy to serve the needs of konsumens in specific market. The strategy includes products differentiation and service improvement by utilising its strength in konsumen service quality, that includes a good after sales service, that had becomes its strength compared to the competition. Other alternative strategy that is implemented by Bank X is performing market development by network expansion and improvements in sales and marketing, doing aggresive promotion by offering competitive interest rate.

Kata Kunci : Value Chain, PEST, Key Success Factor, SWOT, Matrix TOWS


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.