ANALISIS STIIATEGI BERSAING LENDING CORPORATE BANKlNG BANK CIMB NIAGA DALAM INDUSTITI KITEDIT KORPORASI PERBANKAN
MOCHAMMAD DOLLY FITROH PRIYATNA, Drs. Ahmad Jamli, MA.
2014 | Tesis | S2 ManajemenPT.Bank CIMB Niaga (“CIMB Niagaâ€) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan. Secara aset CIMB Niaga adalah bank terbesar ke – 5 secara nasional. Total penyaluran kredit CIMB Niaga pada tahun 2012 mencapai Rp. 145 triliun atau menguasai 5,3% dari total penyaluran kredit secara nasional. Divisi Lending Corporate Banking menyumbang 30% dari total penyaluran kredit CIMB Niaga selama 2012 atau sebesar Rp. 43,5 triliun. Seiring dengan berjalan kompetisi dalam industri kredit korporasi perbankan, performa kredit korporasi CIMB Niaga terus mengalami penurunan. Sejak tahun 2010 sampai dengan 2013, pertumbuhan kredit mengalami grafik yang menurun drastis dari 19% pertumbuhan kredit di 2011, 9% di 2012, terakhir 1,1% pada 2013. Penulis menganalisa apakah Lending Corporate Banking CIMB Niaga telah beroperasi secara efektif dan efisien atas strategi bersaing yang telah dilakukan maupun strategi yang telah ditetapkan perusahaan. Analisa ini juga menunjukan apakah Lending Corporate Banking CIMB Niaga dapat bersaing dalam industri dilihat dari faktor internal dan eksternal dengan menggunakan analisa SWOT, PEST dan analisa lingkungan industri Five Forces Porter. Penelitian analisis kualitatif deskriptif ini dilakukan atas informasi yang didapat melalui wawancara, pengamatan, pengalaman dan laporan tahunan berikut data-data internal pada 2013 serta data sekunder lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Atas analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Strategi yang telah ditetapkan dan dilakukan tidak berjalan dengan baik. Permasalahan internal seperti proses kredit yang terlalu lama, efisiensi, serta pengembangan sumber daya manusia dan masalah pricing hingga keunggulan bersaing yang tidak dimiliki menjadi hal yang seharusnya diperhatikan dalam industri yang memiliki karakter oligopoli. Pada akhirnya jajaran manajemen harus benar – benar turun dan memastikan eksekusi strategi berjalan dengan baik dan sigap menyelesaikan masalah yang dimiliki, untuk dapat kembali bersaing dalam industri kredit korporasi perbankan.
PT. Bank CIMB Niaga is a corporation focusing in banking sector (“CIMB Niagaâ€). In terms of assets, CIMB Niaga is currently the fifth (5th) largest bank in Indonesia. Total value of corporate lending disbursement from CIMB Niaga in 2012 reached IDR 145 trilliun which represents 5,3% of total national lending disbursement. Lending Corporate Banking division of CIMB Niaga contributed 30% towards the total amount of CIMB Niaga corporate lending porfolio in 2012 amounting to IDR 43,5 trilliun. Following the growth of competition within corporate lending and banking industry, corporate lending CIMB Niaga continue to experience downfall. Since 2010 until 2013, growth of corporate lending continue to fall from 19% growth in 2011, 9% growth in 2012 and lastly 1,1% in 2013. Author intend to analyze whether Lending Corporate Banking CIMB Niaga has operate in an effective and efficient manner to address existing competitive strategies as well as strategy approved by the company. This analysis will also be useful to identify whether Lending Corporate Banking CIMB Niaga can still compete within the industry, taking into account internal and external factors using SWOT, PEST and industrial environment analysis Five Forces Porter. This qualitative and desciptive analysis is conducted based on information collected from various interview, observation, experience and annual report and internal data from 2013 and other secondary data related to this research. As a result of the analysis, the following conclusions are identified : The strategy issued and implemented is not working well. Internal issues, such as lengthy process of lending, efficiency and human resources development and pricing issue as well as the non-existent competitive advantages are matters to be taking into account in an industry with oligopoly character. In the end, management have to be working directly to ensure that execution of agreed strategy is going well and contribute in handling issues that has to be settled prior to the event, in order to keep competing in Banking Corporate Lending industry.
Kata Kunci : SWOT, PEST, Five Forces Porter, Competitive Advantage, Oligopoli