POLA MODEL BISNIS FREE DAN FREEMIUM DI KOMBES.COM
LUKAS DEDY SETIYAWAN, Bayu Sutikno, MSM., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 ManajemenAngka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sangat signifikan sebesar 63 juta pengguna internet pada tahun 2012 membuka peluang terhadap berbagai macam usaha terutama yang berbasis dijital atau online. Peluang usaha tersebut berasal dari pola akses pengguna internet itu sendiri. Dari angka tersebut 51 juta pengguna adalah pelanggan situs jejaring sosial Facebook. Hal tersebut merupakan sebuah peluang di mana bisnis jejaring sosial berbasiskan demografi Indonesia adalah sebuah ide yang pantas dijalankan. Bisnis ini adalah bisnis jejaring sosial yang dibuat dengan tujuan menyerap potensi pasar pengguna internet di Indonesia yang tumbuh pesat. Kombes.com adalah jejaring sosial Indonesia yang memberikan fasilitas seperti Facebook akan tetapi terdapat beberapa layanan yang lebih lengkap. Pola model bisnis yang dipakai untuk memaksimalkan kinerja dan hasil dari bisnis ini adalah gabungan dari pola model bisnis free ads dan freemium. Analisis keuangan dengan menggunakan pola model bisnis gabungan tersebut adalah yang terbaik dibandingkan dengan analisis pola model bisnis tersebut jika tidak digabung. Dari modal sebesar Rp. 1.18 Milyar setelah dianalisis dapat menghasilkan nilai NPV sebesar Rp. 164 Milyar dalam jangka waktu 5 tahun. IRR yang dicapai adalah sebesar 194% dan Payback Period adalah 2 tahun, 10 bulan, 16 hari.
The growth rate of Internet users in Indonesia, which is very significant for 63 million Internet users in 2012 opened up the door to a wide range of businesses opportunities mainly based on digital or online. The business opportunities derived from user access patterns of the Internet itself. Most of them are member of social networking site Facebook. Its amount are 51 million. It is a business opportunity where implementation of social networking based on the demographics of Indonesia is good idea. This business is a business social network created with the purpose of absorbing the potential market of Internet users in Indonesia is growing rapidly. Kombes.com Indonesia is a social network that provides facilities like Facebook but there are some services that are more complete. The pattern of the business model used to maximize the performance and results of this business model pattern is a combination of free ads and freemium business models. Financial analysis using the pattern of the combined business model is the best compared with the analysis of the pattern of the business model if it is not combined. From the capital of Rp. 1.18 Billion when analyzed can generate NPV value of Rp. 164 billion in the period of 5 years. IRR is achieved at 194 % and the payback period is 2 years 10 months 16 days.
Kata Kunci : Kombes.com, Jejaring Sosial, Free Ads, Freemium