Laporkan Masalah

ANALISA FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN UNTUK MENEMUKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT X

FADIA MIRALKA, Dr. A.Prasetyantoko

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Dalam keadaan industri riset pemasaran yang kompetitif dan dinamis, perusahaan harus memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. PT X yang merupakan salah satu perusahaan riset pemasaran harus memahami apa dan bagaimana mengelola sumber-sumber yang dimilikinya agar dapat lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Hal ini membutuhkan analisa lingkungan internal yang baik yang meliputi sumber daya dan kapabilitas sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimilikinya dan perusahaan dapat bersaing dalam industri tersebut. Penilitian ini menggunakan pandangan berbasis sumber daya atau Resource Based View (RBV) untuk menganalisis dan mengidentifikasi kombinasi sumber daya serta kapabilitas organisasi yang menjadi dasar keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi perusahaan melalui aplikasi VRIO (Valueable, Rarity, Imitability, Organization). Aplikasi VRIO yang berupa pertanyaan diajukan melalui wawancara langsung kepada top manajemen dan digunakan peneliti untuk mengukur seberapa besar kekuatan dari kombinasi sumber daya dan kapabilitas organisasi itu untuk menentukan keunggulan kompetitif perusahaan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa sumberdaya dan kapabilitas PT X yang memiliki potensi dalam memberikan keunggulan bersaing adalah memiliki tenaga ahli yang cukup dikenal dibidangnya, memiliki tim junior yang terlatih dengan baik dan memiliki kualifikasi diatas rata-rata, referensi lengkap, digital development, memiliki global solution dan product, tim senior ikut serta dalam menjaga hubungan dengan klien, kemampuan karyawan finance sudah sangat baik dan memahami secara mendalam industri klien.

In a competitive and dynamic industry, company should possessed competitive advantage than its competitors. PT X as a multinational marketing reserach company should understand what and how to manage its resources in order to lead agains its competitors. This requires good internal analysis that covers resources and capabilities so that the company can identify its competitive advantage and can compete in the industry. This research uses resources-based view (RBV) to analyze and identify combination of resources and capabilities that can be use as a base for sustainable competitive advantage for the company by using VRIO application (Valueable, Rarity, Imitability, Organization). VRIO apllication that is a series of questions, asks through an interview to top management and used by researcher to measure the power of resource and capabilities combination in order to determine company’s competitive advantage. From the research findings, resources and capabilities of PT X that have potential to contribute in sustainable competitive advantage are having famous experts in its field, having well-trained and over-qualified junior team, complete reference, digital development, having global solution and product, senior team is participating in maintain good relationship with clients, finance employee have above-average ability, and have deep understanding of client’s industry.

Kata Kunci : analisis internal, keunggulan kompetitif berkelanjutan, value chain anaylis, resources based view, aplikasi pendekatan VRIO


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.