Laporkan Masalah

BRAND ENGAGEMENT IN ONLINE BRAND COMMUNITY CASE STUDY JKT48 NO FANSU

ARNE SURYOYUDO SASMITA, Yulia Arisnani, MBA.,Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Pada tahun 2011 , JKT48 resmi didirikan di Jakarta , Indonesia , berikut AKB48 mereka kelompok saudara dari Akihabara , Jepang . Kehadiran mereka di industri musik Indonesia telah strategi yang unik dibandingkan dengan pemain lain . Membawa strategi bisnis dari AKB48 , memiliki kinerja sehari-hari , teater sendiri berjabat tangan dengan fans membuat mereka populer . Banyak masyarakat telah didirikan oleh para penggemar untuk mendukung idola mereka . Dalam media sosial terjadi juga, banyak komunitas online penggemar JKT48 telah didirikan . Salah satunya , JKT48 ada Fansu telah dibangun di face book . Seperti Facebook menutup grup ini masyarakat tumbuh sejak didirikan . Penelitian ini mencoba untuk menemukan hubungan antara komunitas merek dan merek loyalitas yang dimediasi oleh keterlibatan merek di JKT48 no Fansu . Penelitian menggunakan kuesioner online, 189 tanggapan telah dikumpulkan reg - resi ,Multikolinearitas Uji , dan mediator test digunakan untuk melihat hubungan antara variabel . Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara variabel . hubungan yang lebih kuat antara fans dan JKT48 dan kenyamanan mereka menggunakan media sosial ( facebook ) membuat mereka lebih terlibat dalam komunitas merek \\" JKT48 no Fansu \\" . Lebih mereka terlibat dengan masyarakat membuat mereka lebih loyal kepada JKT48.

In 2011, JKT48 officially founded in Jakarta, Indonesia, following AKB48 their sister group from Akihabara, Japan. Their presence in Indonesian music industry has unique strategy compare to other player. Bringing business strategy from AKB48, having daily performance, own theater, shaking hands with fans make them popular. Many communities has founded by fans to support their idol. In social media happen too, many online JKT48 fans communities have founded. One of them, JKT48 no Fansu has founded in facebook. As Facebook closed group, this community grows since it founded. This research tries to find relationship between brand community and brand loyalty which mediated by brand engagement in JKT48 no Fansu. The research using online questionnaires, 189 responses has been gathered. Regression, Multicollinearity Test, and mediator test was used to see the relation between variables. Research result shows positive relation between variables. Stronger relationship between fans and JKT48 and more convenience they using social media (facebook) make them more engage into brand community \\"JKT48 no Fansu\\". More they engage with community make them more loyal to JKT48.

Kata Kunci : Brand , online , Engagement , Komunitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.