Laporkan Masalah

PERAN DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM ERA INFORMASI DIGITAL (STUDI KASUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

I PUTU ASTINA, Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si.

2015 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media

Perpustakaan merupakan salah satu institusi sebagai penyedia layanan informasi. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan berbagai jenis informasi dikemas dan disajikan dalam bentuk digital. Dengan masuknya teknologi informasi di perpustakaan, menjadi sebuah tuntutan terhadap pustakawan untuk merubah perannya dan lebih meningkatkan kompetensi di bidangnya. Pustakawan pada era digital ini harus bias beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan berorientasi kedepan menjadi pustakawan modern. Dalam perkembangannya , masih banyak pustakawan yang belum mampu meningkatkan kompetensi secara optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian terhadap peran dan kompetensi pustakawan dalam era informasi digital seperti sekarang ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Duta Wacana, UniversitasAtma Jaya.Informan yang digunakand alam penelitian ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidang perpustakaan dan informasi digital. Penentuan informan dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap orang-orang yang dinilai berkompetensi bidangnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi langsung terhadap peran pustakawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya, wawancara dengan informan yaitu kepala Perpustakaan, kepala Bidang pelayanan, Kepala Bidang data base dan jaringan dan salah satu dosen bidang Teknologi dan Informasi, kuesioner secara tertutup kepada informan. Data yang di peroleh dari hasil penelitian dianalis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Hubberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion / verivication t erhadap peran dan kompetensi pustakawan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam era informasi digital ini terjadi perubahan cukup drastic terhadap peran dan kompetensi pustakawan. Perubahan tersebut meliputi : (a) Berperan sebagai penyaji informasi yang kreatif; (b) Berperan sebagai konsultan informasi; (c) Berperan sebagai pendidik; (d) Berperan sebagai peneliti; (e) Pustakawan bereperan sebagai pendamping; (f) Pustakawan harus lebih aktif dan kritis terhadap informasi; (g) Pustakawan harus memiliki kemauan untuk selalu belajar terhadap hal-hal yang baru. Kompetensi pustakawan meliputi: (a) Kompetensi dalam BidangTechnology Skill and Network Management; (b) Kompetensi dalam Bidang Media Management Storage and Retrieval; (c) Kompetensi dalam Bidang Management and Leadership; (d) Kompetensi dalam BidangBusiness Development; (e) Kompetensi dalam Bidang Information Skills; (f) Kompetensi dalam Bidang Communication and Customer Care; (g) Kompetensi dalam BidangPersonal Behavior.

Library is one of institutions providing information service. The development of information technology causes information is packed and presented in the form of digital. With the entering of information technology in the library it becomes guidance for the librarians to change their role and to increase their competence in their part. Librarians in this digital era have to be able to adapt to the technological development and have orientation to the future to be modern in its development there are still many librarians who have not been able to increase their competence maximally in carrying out their function. Therefore, the writer carried out research toward the role and the competence of librarian in the digital information era as recently. The research method used was a case study in Daerah Istimewa Yogyakarta. The location chosen for this research was GadjahMada University, Kristen Duta Wacana University, Atma Jaya University. The informants used in this research were persons competent in library and digital information. The determination of the informant was carried out by doing direct observation to the persons valued as competent in their part. Data collecting technique carried out was through direct observation to the role of librarians in carrying out their jobs, interview with informants, chief of the library, chief of service department, chief of database and network department, and one of the lecturers of Technology and Information Part, closed questionnaire to the informants. The data obtained from the research result was analyzed descriptive qualitatively using the model of Miles and Hubberman’sdata reduction, data display, and conclusion/verification toward the role and competence of librarian. The result of this research stated that there were significant changes toward the role and competence of librarians in this era of digital information. The changes covered: (a) Act as creative information presenter; (b) Act as information consultant; (c) Act as educator; (d) Act as researcher; (e) Librarians act as guide; (f) Librarians should be more active and critical toward information; (g) Librarians should have willingness to keep studying for new things. The competence of librarians comprise of: (a) competence in Technology Skill and Network Management Part; (b) competence in Media Management Storage and Retrieval Part; (c) Competence in Management and Leadership Part; (d) Competence in Business Development Part; (e) Competence in Information Skills Part; (f) Competence in Communication and Customer Care Part; (g) Competence in Personal Behavior Part.

Kata Kunci : Peran Pustakawan, Kompetensi Pustakawan, Informasi Digital


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.